Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Newsly Reader: Satu Lagi Aplikasi RSS Reader

Anom Penulis

Hm, selain aplikasi foto, aplikasi cuaca, dan aplikasi to do list, rupanya aplikasi RSS reader adalah salah satu aplikasi yang cukup banyak di Windows Phone. Sudah ada Next Gen Reader, Fuse, Phonly, atau Magnify (dulu FlipMag). Sekarang ditambah lagi dengan Newsly Reader.

Apa bedanya dengan aplikasi yang lain? Fungsi dasarnya memang sama. Newsly Reader berusaha mempermudah akses ke berita-berita yang kita ikuti melalui layout desain aplikasinya.

Tampilan awalnya langsung menuju ke salah satu sumber berita, dan menampilkan berita yang ada. Daftar berita itu hadir dengan judul dan potongan awal artikelnya. Kalau kita mau melihat sumber berita yang lain, tinggal swipe ke kanan, dan di sebelah kiri akan hadir logo-logo dari website atau blog yang bersangkutan. Pilih salah satu, dan berita di halaman utama akan berganti.

Untuk menambahkan sumber berita juga mudah. Tap saja ikon + di bawah. Kita bisa menambahkannya dari featured, dari kategori, atau menambahkan alamat url website bersangkutan.

Tampilan saat membaca artikel juga enak. Di bagian atas ada gambar dari artikel tersebut, di bawahnya ada judul, kemudian baru isi artikelnya. Di bagian gambar, ada beberapa ikon. Yang pertama adalah ikon Newsly Reader. Kemudian ada ikon yang menunjukkan perkiraan berapa lama artikel tersebut dibaca. Di sebelah kanan ada ikon untuk share artikel, dan ikon untuk membuka tampilan asli artikel tersebut (seperti di browser).

Saat kita membaca artikel, kita bisa berpindah ke artikel berikutnya dengan swipe halaman ke atas. Terus terang, ini cukup menyenangkan. Sesuai dengan gestur khas Windows Phone yang banyak menggunakan swipe di halaman utama (bukan tombol). Lalu saat membaca artikel seperti aslinya, yah… aplikasi ini tidak membuka browser, jadi nggak perlu repot berpindah aplikasi.

Kalau ada yang kurang, mungkin belum adanya setting untuk aplikasi RSS reader ini. Tidak ada pengaturan theme, tidak ada pengaturan halaman, dan belum ada pengaturan live tile. Tentu saja bukan tidak mungkin fitur-fitur itu akan ditambahkan kemudian.

Aplikasi Newsly Reader ini bisa didapat secara gratis. Tanpa iklan, tanpa embel-embel macam-macam. Aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1, dan juga merupakan universal apps.

Download: Newsly Reader