Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Nikon Z fc – Kamera Mirrorless Terbaru Nikon dengan Desain Retro

Indri Penulis

Nikon resmi umumkan kamera anyar Nikon Z fc. Ini adalah kamera mirrorless DX-format dengan desain retro namun fitur dan performanya modern.

Membahas soal kamera berdesain retro pasti asyik ya. Sebab kamera retro alias jadul punya kesan tersendiri dibanding yang modelnya khas masa kini. Selain itu, kesan retro juga bakal bikin kita nostalgia ke zaman bahula.

Ini nih yang coba disajikan Nikon ke Nikon Z fc. Desain Nikon Z fc terinspirasi dari kamera film Nikon FM2. Buatmu yang nggak tahu, Nikon FM2 adalah kamera jadul yang diluncurkan kembali di tahun 80-an.

Kalau bodinya terinspirasi dari Nikon FM2, bagian jeroan kamera ini dibuat berdasarkan Nikon Z50, kamera mid-range milik Nikon.

Sumber : Nikon

Bodinya kamera ini mayoritas dibikin dari bahan plastik. Cuma, ada sedikit aksen bahan kulit di bagian depannya. Kemudian di bagian atasnya ada deretan tombol dial yang terbuat dari pelat aluminium.

Bicara soal tombol, tombol putar yang ada di bagian atas menjadi pesona unik dari Z fc. Sebab tombol ini menawarkan fungsi-fungsi manual seperti ISO, kecepatan rana dan kompensasi pencahayaan.

Selain itu, masih ada lagi layar digital kecil di bagian atas. Fungsi layar tersebut adalah untuk menunjukkan aperture-mu saat ini.

kamera nikon z fc
Sumber : Nikon

Kameraini juga punya sakelar geser yang terintegrasi di dalam dial. Fungsi bagian ini adalah untuk sakelar mode, sakelar foto/video, dan daya hidup/mati. Terakhir masih di bagian atas, ada tombol video khusus yang ada di sebelah rana mekanis.

Sekarang kita pindah ke bagian belakang. Kamera ini menampilkan layar sentuh flip-out menyamping. Bentuknya terlihat berbeda dengan layar film bawah yang ada di Nikon Z50.

kamera nikon z fc
Sumber : Nikon

Layar flip-out di Z fc dibikin lebih kecil 3,0 inci (Z50 ukurannya 3,2 inci). Walau ukurannya beda, tapi mereka punya resolusi 1040K yang sama. Mereka berdua juga sama-sama memiliki panel OLED 2360K.

Baca Juga:  Nikon Digosipkan Stop Produksi Kamera SLR Setelah Berjaya 60 Tahun

Sekarang soal fitur-fiturnya. Kamera ini dibekali sensor CMOS 20,9 megapixel DX-format cropped, dengan prosesor gambar EXPEED 6.

Kamera anyar ini juga dibekali dudukan Z terbaru. Itu artinya, kamu bisa memasang semua lensa dudukan Z-full frame terbaru.

Z fc juga dibekali kemampuan untuk memotret pada burst 11fps yang sama plus dengan resolusi penuh. Fitur buat video-nya juga mirip. Z fc bisa merekam video 4K hingga 30fps dengan autofokus deteksi mata dan wajah. Ada juga fitur HDMI out untuk perekaman eksternal, mikrofon untuk merekam audio (tapi tanpa jack headphone).

kamera nikon z fc
Sumber : Nikon

Untuk ketersediaannya, kamera Z fc bakal tersedia akhir Juli. Kamera ini datang dalam varian warna yang cukup beragam. Ada perak-putih, perak-pink, perak-toska, perak-abu-abu, perak-oranye, dan perak-nila.

Nikon Z fc dibanderol dengan harga $960. Kalau ingin tambahan lensa perak NIKKOR Z DX 16-50mm f/3.5-6.3 VR terbaru, kamu bisa dapatkan dengan harga $1100. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan lensa edisi khusus NIKKOR Z 28mm f/2.8 (SE) terbaru dalam kit seharga $1200.