Nintendo Switch Dikabarkan Akan Memiliki Dua Varian Baru

Nintendo Switch Mini Concept

Nintendo Switch mungkin adalah konsol game paling populer dalam beberapa tahun terakhir ini. Yang menarik, kabar terbaru menyebutkan kalau Nintendo sedang mempersiapkan dua varian baru. Salah satunya adalah versi mini atau lebih kecil dengan harga lebih murah.

Memang sudah berselang beberapa lama sejak Nintendo Switch dirilis. Para fans juga sudah menunggu versi terbarunya. Rumor soal versi terbaru konsol hybrid ini juga sudah berhembus cukup lama. Di tahun 2019, tahun yang diduga akan menghadirkan konsol Nintendo baru, rumor ini semakin kuat.

Di awal tahun, terdapat berita dari Nikkei yang menyebutkan kalau Nintendo berencana merilis versi yang lebih kecil. Nintendo Everything, yang menterjemahkan berita itu, menulis kalau Nintendo “memperkecil konsol itu dengan pertimbangan mudah dibawa dan bisa bermain di luar ruang, sekaligus mengurangi harga dan memperluas pangsa pengguna”. Selain itu, situs itu juga menyebutkan kalau Nintendo akan merilis layanan game baru tahun ini.

Menyusul berita itu, The Wall Street Journal juga melaporkan kalau akan ada dua varian konsol Nintendo Switch baru hadir di tahun 2019. Yang satu adalah versi mini, dan yang lain akan memiliki “fitur lebih untuk gamer kelas berat”.

konsep nintendo switch mini
Konsep buatan fans (Reddit)

The Wall Street Journal menyebut lebih jauh kalau versi mini akan menghilangkan fitur getar. Hal ini mengindikasikan kalau kemungkinan besar tidak akan ada kontroler Joy-Con yang bisa dilepas. Yah, walau mungkin tidak akurat, bentuknya bisa seperti foto di atas yang merupakan konsep dari fans.

Bukan rahasia lagi kalau saat ini adalah era mobile. Meskipun gamer konsol dan PC masih banyak, game mobile semakin lazim dimainkan. Lihat saja kafe-kafe dengan Wi-Fi yang dipenuhi orang bermain game di ponsel. Lihat juga langkah yang ditempuh Apple Arcade, walau Mac bukan platform populer untuk game.

Lagipula, walau Nintendo Switch adalah konsol revolusioner, sudah saatnya Nintendo memperbarui spesifikasinya dengan yang lebih baru dan lebih canggih. Singkat kata lebih kekinian. Betul kan?