4 Serial Novel Petualangan dan Fantasi Populer yang Seru Dibaca

battle of trident

Apa kamu suka baca novel petualangan dan fantasi? Kalau iya, berikut ini kami mengumpulkan beberapa seri buku fantasi terbaik.

Novel petualangan merupakan salah satu genre buku fiksi yang populer. Biasanya sering digabung dengan buku fantasi, epos, fabel, atau fairy tale. Ada juga beberapa buku fiksi ilmiah yang berupa petualangan.


BACA: 5 Aplikasi Ebook Android Terbaik Saat Ini


Lalu apa yang menjadi dasar novel petualangan atau novel fantasi jadi yang terbaik? Menurut saya, yang pertama adalah bagaimana jalan ceritanya membuat kita percaya dan masuk ke dunia buku tersebut. Hal berikutnya adalah prestasi dari buku tersebut (kepopuleran, dll).

Ada banyak seri buku petualangan diterbitkan. Namun ketika kriteria di atas kita terapkan, daftarnya menjadi lebih sedikit.

Nah, mari kita lihat bersama.

The Lord of the Rings (J. R. R. Tolkien)

novel petualangan lord of the rings

Ada hal menarik dari buku The Lord of the Rings. Walau dikenal sebagai trilogi, sebenarnya novel ini hanya merupakan satu buku. Namun karena alasan ekonomis, akhirnya The Lord of the Rings dibagi menjadi tiga volume.

Buku ini menjadi salah satu novel petualangan terbaik karena detil ceritanya yang luar biasa. Baik dari segi bahasa yang ada di dalamnya (Elves, Dwarves, Back Speech, dll), silsilah, sampai mitologi di dalamnya disusun dengan baik.

Bahkan, Tolkien mempopulerkan genre mythopoeia (mitologi fiksi), yang mempengaruhi cerita populer lain, seperti Harry Potter (J.K. Rowling), The Dark Tower (Stephen King), Star Wars, Percy Jackson & The Olympians (Rick Riordan), A Song of Ice and Fire (George R. R. Martin), dll.

The Lord of the Rings merupakan salah satu buku yang paling banyak terjual di dunia. Buku ini sudah terjual lebih dari 150 juta buah. The Lord of the Rings juga sudah dibuat sebagai film dan berbagai game.

LIHAT DI PLAY STORE

Harry Potter (J. K. Rowling)

novel fantasi harry potter

Harry Potter merupakan salah satu serial yang paling populer di masa kini. Terbentang sepanjang tujuh buku, J. K. Rowling mengajak kita mengikuti petualangan Harry Potter di dunia sihir. Mulai dari masuk sekolah di Hogswarts, sampai mengalahkan Lord Voldemort.

Walau serial Harry Potter tidak sedetil The Lord of the Rings atau A Song of Ice and Fire (ini bisa jadi diskusi panjang), harus diakui bahwa J. K. Rowling adalah seorang pencerita yang baik. Kita bisa melihat perkembangan cerita yang semakin dewasa dan “gelap” dari tiap buku. Kita juga bisa melihat bagaimana plot di satu buku mempengaruhi buku berikutnya.

Gabungan ketujuh buku serial Harry Potter sudah laku terjual lebih dari 500 juta buah. Harry Potter dan Batu Bertuah merupakan buku yang paling laku dengan jumlah di atas 107 juta kopi. Kita juga bisa melihat film Harry Potter dan berbagai game-nya.


BACA: 4 Buku Pelengkap Game of Thrones


A Song of Ice and Fire (George R. R. Martin)

seri buku fantasi game of thrones

Kita mungkin mengenal seri A Song of Ice and Fire dengan nama lain, yaitu Game of Thrones. Tidak heran, karena cerita ini populer sebagai serial TV dengan judul tersebut. Padahal Game of Thrones aslinya merupakan judul buku pertama serial ini.

A Song of Ice and Fire merupakan serial luar biasa. Kisah perebutan tahta di Westeros ini melingkupi banyak plot cerita dari berbagai klan dan berbagai tokoh yang tidak sedikit. Termasuk mitologi Westeros, sejarah, dan silsilah masing-masing klan.

Begitu banyak plot di dalamnya, sampai fans serial ini bertanya-tanya bagaimana George R. R. Martin akan mengakhirinya. Benar saja, sampai sekarang, buku keenam (dari rencana tujuh buku) belum terbit. Cerita di serial TV (tahun 2017 ini musim ke-7) yang dibuat berdasarkan buku ini malah sudah mendahuluinya.

Karena itu juga, banyak website fans yang berisi diskusi perkembangan cerita, masa lalu, dan teori-teori lain sehubungan dengan seri A Song of Ice and Fire, juga serial TV Game of Thrones.

Oya, walau pun A Song of Ice and Fire merupakan cerita fantasi, serial ini termasuk cerita dewasa.

LIHAT DI PLAY STORE (BUKU 1-5)

Percy Jackson and the Olympians (Rick Riordan)

serial petualangan Percy Jackson

Serial Percy Jackson and the Olympians merupakan cerita petualangan dengan latar belakang mitologi Yunani. Mirip seperti Harry Potter, Rick Riordan mengajak kita mengikuti perjalanan Percy Jackson dari saat ia mengetahui hubungannya dengan dewa Yunani, sampai pertempurannya dengan para Titan.

Yang menarik dari seri ini adalah bagaimana Rick Riordan menempatkannya di dunia modern. Anak-anak keturunan dewa hidup berdampingan dengan teknologi dan tren masa kini. Gaya bahasa yang ringan, menghibur, dan penuh istilah populer membuat seri ini mudah diikuti.

Dua buku dari seri ini, The Lightning Thief dan The Sea of Monsters, sudah dibuat filmnya. Rick Riordan juga membuat beberapa seri lain yang berhubungan, seperti The Heroes of Olympus (berhubungan dengan mitologi Romawi), The Kane Chronicles (mitologi Mesir), dan yang sekarang sedang berjalan adalah Magnus Chase and the Gods of Asgard (mitologi Viking) dan The Trials of Apollo (juga mitologi Yunani).

LIHAT DI PLAY STORE (BUKU 1-5)


BACA: 6 Novel Grafis Favorit (Non-Superhero)


Itulah beberapa serial novel petualangan dan fantasi yang paling populer. Yah, mungkin juga selera kalian berbeda. Kalau kamu suka genre buku seperti ini dan belum membacanya, kami merekomendasikannya.