Enaknya Menulis Naskah Film Dengan Aplikasi KIT Scenarist

aplikasi menulis naskah film kit scenarist

Kalau kamu hobi bikin film, menulis naskah jelas menjadi satu proses penting. Kali ini kami akan membahas kenapa menulis naskah film dengan aplikasi KIT Scenarist enak dan sangat membantu proses tersebut.

KIT Scenarist merupakan aplikasi open-source untuk menulis naskah dan bisa kamu gunakan secara gratis di berbagai platform. Entah itu Android, iOS, Windows, macOS, maupun Linux. Faktor ini saja sudah membuatnya sangat menarik.

Nah, mari kita lihat apa saja faktor lain yang membuat aplikasi KIT Scenarist ini jadi salah satu aplikasi naskah film terbaik dan layak kamu pakai.

1. Bisa impor naskah film dari format lain

Mungkin kamu mendapat rancangan naskah film dari teman atau rekan yang menggunakan aplikasi lain. KIT Scenarist mendukung impor naskah dari berbagai format, seperti Final Draft (screenplay dan template), Fountain, Celtx, Trelby, bahkan MS Word atau Open Document.

Dahsyatnya, aplikasi ini akan menyesuaikan format naskah dengan tepat. Yah, mungkin kamu masih harus mengedit sedikit. Tapi KIT Scenarist bisa mengimpor naskah sangat mendekati aslinya.

2. Mengisi elemen skenario dengan mudah

Kamu bisa menulis naskah film dengan berbagai elemen seperti scene heading, action, character, dialogue, dll dengan mudah. Ini sangat membantu.

menulis skenario film

Ya, kamu memang bisa melakukan hal yang sama dengan aplikasi lain. Toh di KIT Scenarist, kamu bisa memilih elemen baik dari menu, melalui shortcut (tekan tab untuk merubah action jadi character), atau melalui fitur fast formatting.

3. Mengatur dan melihat data elemen secara lengkap

KIT Scenaris memiliki fitur research (riset) yang memungkinkan kita mendata semua elemen yang ada di naskah. Mulai dari halaman judul, logline, sinopsis, data karakter, data lokasi, sampai membuat mind map untuk membayangkan adegan.

Hal ini akan memudahkanmu memetakan semua hal dan menyiapkan produksi dengan lebih baik. Kamu bisa memilih aktor atau tempat yang sesuai dan kamu juga bisa menyiapkan proposal dengan mudah.

4. Mengatur plot lebih mudah dengan sistem kartu

Tidak jarang selama proses menulis naskah kamu mendapat ide baru atau harus menyesuaikan dinamika cerita. Hal ini bisa dengan mudah kamu atur dengan sistem kartu yang ada di KIT Scenarist. Sistem ini juga lazim hadir di aplikasi lain.

Kamu bisa menggeser adegan satu ke urutan posisi lain atau mengatur sesuai keinginanmu. Yah, siapa tahu kamu ingin punya naskah dengan plot sedikit acak seperti film Pulp Fiction.

5. Bisa melihat statistik naskah

Ini salah satu hal paling menarik. Di KIT Scenarist, kamu bisa melihat berbagai statistik data dari naskah film yang kamu tulis. Misalnya perkiraan durasi, jumlah waktu yang ada di naskah (malam, siang, dll), jumlah adegan interior/exterior, dll.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat perkembangan struktur naskah. Baik durasi scene, banyaknya dialog, aksi yang dilakukan oleh karakter, dll. Hal ini bisa membantumu mengukur dinamika cerita.

6. Membandingkan versi skenario

Di KIT Scenarist, kamu juga bisa membandingkan versi naskah yang kamu buat. Misalnya kamu membuat perubahan besar pada plot naskah yang kamu buat. Kamu bisa menyimpannya sebagai versi terpisah. Lalu membandingkan kedua versi skenario tersebut. Dengan begitu kamu bisa memilih atau mendiskusikannya dengan lebih enak.

7. Tampilan aplikasi bagus

Aplikasi KIT Scenarist memiliki tampilan yang bagus dan mudah dipakai. Kamu bisa melihat menu di sebelah paling kiri, sub menu di kolom kedua dari kiri, naskah atau informasi detil di kolom ketiga. Kamu juga bisa melihat fast formatting di kolom ke-4 kalau mau.

Dengan begitu, kamu bisa berpindah halaman dan melakukan cek semua elemen dengan mudah. Aplikasi KIT Scenarist juga bisa kamu pakai secara full screen dengan tampilan yang juga enak dipakai.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: