NVIDIA Dukung Pengembangan Talenta AI dan Riset Industri Indonesia

Anom Penulis

Pada tanggal 27 Januari 2022, NVIDIA menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Penandatangan MoA oleh NVIDIA dan Kemendikbudristek tersebut bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia di bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia.

Kerjasama NVIDIA dan Indonesia

Dengan perjanjian ini, NVIDIA akan mendukung pelatihan dalam bidang AI untuk dosen dan mahasiswa selama 5 tahun ke depan. Hal ini mencakup pengembangan kurikulum, pelatihan, dan diskusi juga penelitian di bidang AI.

Keith Strier, sebagai Wakil Presiden Worldwide AI Initiatives NVIDIA, menyatakan dukungan mereka dalam pengembangan teknologi AI di Tanah Air.

“Melalui kerja sama dengan Kemendikbudristek dan universitas-universitas di Indonesia, kami akan membantu Indonesia dalam menyediakan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar menggunakan software dan sistem AI unggulan dari NVIDIA.”

Profesor Nizam, Plt. Dirjen Dikti, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, juga menyatakan komitmen pemerintah dalam hal ini.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di perguruan tinggi untuk mendorong transformasi digital di Indonesia. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan jutaan insan digital berbakat di Indonesia dalam menghadapi transformasi digital.”

Dukungan Pendidikan Teknologi AI

Kemendikbudristek baru-baru ini meluncurkan DIKTI AI Centre untuk mendukung pendidikan, pelatihan, tugas mahasiswa dan penelitian dosen. Di dalam DIKTI AI Centre tersebut, terdapat sistem NVIDIA DGX A100 yang menjadi komponen utama dalam menjalankan kegiatan di bidang AI.

Diperkuat teknologi GPU NVIDIA A100 Tensor Core, sistem ini akan membentuk salah satu klaster DGX A100 terbesar di Indonesia. Instalasi awal di DIKTI sudah menghadirkan kemampuan komputasi sebesar 25 PetaFLOPS.

NVIDIA DGX A100
NVIDIA DGX A100

Selain itu, sebagai bagian dari MoA tersebut, NVIDIA juga akan menghadirkan berbagai sumber daya di universitas di Indonesia melalui program NVIDIA Deep Learning Institute dan program NVIDIA Teaching Kits.

Kemudian NVIDIA juga akan turut serta membantu para pengembang aplikasi terkait proyek-proyek di industri terkait, mengadakan workshop dengan topik NVIDIA AI software stack, menyelenggarakan bootcamp AI untuk mahasiswa, dan mendukung perusahaan AI startups untuk dibina dalam program NVIDIA Inception.

    %d blogger menyukai ini: