Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

NVIDIA Rilis Omniverse Avatar: Platform untuk Bikin Avatar 3D Interaktif

Indri Penulis

Dalam acara GTC tahunan, NVIDIA meluncurkan Omniverse Avatar, sebuah platform baru untuk membuat avatas AI interaktif.

Sementara itu dalam situs resminya, NVIDIA mengatakan kalau platform ini akan menyatukan berbagai teknologi NVIDIA dalam AI, visi komputer, sampai teknologi pemrosesan bahasa alami.

popculture.id

Avatar digital yang dibikin lewat Omniverse Avatar akan bersifat interaktif. Avatar dirancang menggunakan 3D ray-traced yang membuatnya bisa melihat dan membicarakan banyak topik.

Untuk pengenalan suara dan pemahaman bahasa, Omniverse Avatar mengandalkan NVIDIA Riva dan Megatron 530B. Sedangkan untuk menciptakan kemampuan rekomendasi dan persepsi, platform ini memakai NVIDIA Metropolis dan NVIDIA Merlin.

Sementara khusus untuk animasi avatarnya didukung oleh NVIDIA Video2Face dan Audio2Face, sebuah animasi wajah dan teknologi rendering yang digerakkan oleh AI 2D dan 3D.

Berbagai teknologi yang kami sebutkan di atas lalu disusun menjadi sebuah aplikasi dan diproses secara real-time menggunakan NVIDA Unified Compute Framework. Dikemas sebagai layanan mikro yang bisa diskalakan, disesuaikan, dikelola, dan diatur dengan aman di berbagai lokasi oleh NVIDIA Fleet Command.

Sumber : AWN

Di sisi lain, NVIDIA juga menekankan kalau platform anyar ini bisa digunakan di hampir semua industri. Misalnya untuk berbagai macam interaksi layanan pelanggan seperti restoran, membuat janji dan reservasi, transaksi perbankan, dll.

NVIDIA juga turut memamerkan beberapa demo dari Omniverse Avatar. Contohnya dalam video di bawah ini, kamu bisa melihat CEO NVIDIA, Jensen Huang, dalam bentuk avatar AI yang dapat menjawab beberapa pertanyaan tentang topik perubahan iklim dan biologi.

Sedangkan dalam demo yang lainnya, kali ini avatar bikinan Omniverse Avatar digunakan dalam sebuah restoran. Avatar tersebut terlihat sedang berbincang dengan pelanggan, saat mereka ingin memesan makanan dari menu (jujur yang kedua ini kelihatan lebih lucu dan interaktif).

Sementara itu, Omniverse Avatar sebenarnya merupakan bagian dari NVIDIA Omniverse, platform kolaborasi dan simulasi dunia virtual yang diumumkan NVIDIA beberapa bulan lalu.

Awalnya NVIDIA Omniverse cuma diperuntukkan untuk engineer dan development. Tapi kini NVIDIA Omniverse telah hadir dalam versi Open Beta dan bisa diakses oleh semua orang (sudah digunakan oleh lebih dari 70.000 pengguna). Beberapa perusahaan terkenal seperti BWM, Adobe, Bently, Epigraph, telah menggunakan Omniverse.

    %d blogger menyukai ini: