Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

NVIDIA Siap Rilis RTX 40-Series September 2022, Termasuk RTX 4090 Juga Kah?

Indri Penulis

NVIDIA rumornya siap merilis GPU RTX 40-Series pada September 2022. Apakah GPU NVIDIA RTX 4090 juga akan rilis di waktu itu juga?

Menurut kabar yang beredar baru-baru ini, calon GPU generasi terbaru NVIDIA memiliki nama kode arsitektur ‘Lovelace’ (unyu-unyu juga namanya). Fyi, name kode ini berbeda dengan GPU RTX generasi sebelumnya ya.

popculture.id

GPU RTX 30-Series dulu menggunakan nama kode ‘Ampere.’ Sedangkan generasi RTX pertama di tahun 2018 memakai nama kode ‘Turing.’

GPU NVIDIA dengan arsitektur Lovelace akan diumumkan dalam acara GTC 2022. Acara tersebut akan diselenggarakan pada bulan September 2022. Kabar ini sebenarnya sudah pernah di-spill CEO NVIDIA, Jensen Huang, dalam acara pengumuman pendapatan perusahan baru-baru ini.

Kami melewati ini selama beberapa bulan ke depan dan memasuki tahun depan dengan arsitekur baru kami,” kata Huang saat ia membahas perlambatan permintaan GPU gaming. “Saya berharap bisa memberi tahu kalian lebih banyak informasi tentang hal itu di GTC bulan depan.

Walau jajaran GPU RTX 40-Series resmi diumumkan, hal tersebut belum menjamin kita akan melihat mereka GPU RTX 40-Series secara langsung. Apalagi kalau NVIDIA masih menganut ‘tradisi lama.’

Sebelumnya, mereka meluncurkan arsitektur Ampere untuk pusat data terlebih dulu. Nah beberapa bulan kemudian, mereka baru meluncurkan GPU NVIDIA RTX-30 Series untuk pelanggan.

Jadi bisa dibilang, selalu ada sedikit penundaan antara pengumuman arsitektur dan peluncuran GPU ke konsumen.

Tapi nggak perlu khawatir. Nggak selamanya jarak antara pengumuman arsitektur dan peluncuran GPU memakan waktu berbulan-bulan kok. Dalam kasus arsitektur Turing di tahun 2018, NVIDIA hanya perlu waktu seminggu setelah pengumuman Turing untuk meluncurkan GPU RTX 20-Series ke konsumen.

Nah pertanyaannya, kira-kira apa saja model GPU yang tergabung dalam RTX 40-Series. Kalau menurut rumor yang beredar, GPU NVIDIA RTX 4080 dan RTX 4090 lah yang akan rilis dan mengisi slot RTX 40-Series.

Di antara kedua GPU tersebut, RTX 4090 adalah yang terkuat dan bahkan disebut sebagai ‘GPU monster.’ Bagaimana tidak, GPU ini digadang-gadang bakal menghadirkan teknologi super canggih.

Namun di balik itu semua, RTX 4090 diperkirakan bisa menguras daya super besar. Konon TGP/atau kekuatan grafis total yang dimiliki RTX 4090 membuatnya membutuhkan daya 600W. Inilah yang membuatnya diantisipasi banyak orang.

Sementara itu, konferensi NVIDIA GTC 2022 akan diselenggarakan pada 19 – 22 September 2022. Sementara keynote Jensen Huang dijadwalkan tanggal 20 September. Mungkin di tanggal itu pula GPU NVIDIA RTX 4080 dan 4090 yang tergabung di RTX 40-Series akan rilis. Kita tunggu saja ya.

    %d blogger menyukai ini: