Setup Email Hosting di Office 365

office-365

Office 365 merupakan layanan produktivitas dari Microsoft, berbagai software untuk membantu pekerjaan tersedia di sana. Jika sebelumnya kita hanya mengenal Microsoft Office yang terdiri dari Excel, PowerPoint, Word dan Outlook, layanan Office 365 memberikan lebih dari itu, salah satunya adalah layanan email hosting.

Email hosting singkatnya adalah layanan yang mengizinkan kita menggunakan mail server dari Microsoft namun menggunakan domain sendiri. Misal saya ingin punya alamat email info@urbandigital.id, jika dulu Microsoft meminta penggunanya membayar 5$ per bulan per pengguna, kali ini layanan itu sudah digabungkan ke dalam paket Office 365 Business Essential ke atas.

Untuk melakukan setup email di Office 365 sangat mudah. Kalian pastikan terlebih dahulu telah berlangganan Office 365 Business Essential ke atas dan telah memiliki domain. Jadi buat kalian yang memiliki Office 365 Personal atau Home, fitur ini tidak bisa digunakan.

Jika sudah, kalian cukup ikuti langkah-langkah berikut.

Buka peramban (browser) dan ketikkan http://portal.office.com. Kemudian masuk dengan menggunakan akun Office 365 kalian (untuk yang belum tahu cara mendaftar Office 365, akan kami tuliskan di artikel lain).

Jika sudah berhasil masuk, klik ikon kotak-kotak di pojok kiri atas, dan  pilih Admin (lihat gambar).

Office 365 Email Setup

Jika sudah berhasil masuk, lihat pada pilihan-pilihan yang ada di sebelah kiri. Pilih “Setup” dan kalian akan dibawa ke laman setup wizard email hosting. Kalian cukup tekan tombol “Start Setup” dan kemudian klik “Let’s get started”.

setup wizard office 365

Langkah selanjutnya, masukkan nama domain kalian di kotak yang tersedia, kemudian pilih “Next”.

Kemudian Office 365 akan melakukan verifikasi bahwa domain tersebut benar milik kalian. Caranya dengan menambahkan TXT records yang diberikan Office 365.

txt records office 365

Masuk ke domain manager kalian. Yaitu tempat di mana kalian membeli domain tersebut (misal: name.com, GoDaddy dll). Disana kalian pilih domain yang sudah dimasukkan ke dalam Office 365 (langkah sebelumnya) dan pilih DNS Records. Pada “Type” pilih TXT, pada Answers masukkan TXT value yang diberikan Office 365 tadi dan klik “Add Record”.

txt records

Setelah ditambahkan, kembali lagi ke laman Setup Office 365 dan klik “Verify”. Jika sudah terverifikasi, kalian bisa pilih “Next”. Proses verifikasi tergantung penyedia domain kalian, bisa hitungan menit atau lebih lama.

Langkah berikutnya, tambahkan pengguna dengan memasukkan nama dan email yang diinginkan. Kemudian pilih “Add these users”. Jika sudah selesai menambahkan pengguna, pilih “Next”. Kalian akan mendapatkan informasi jika sukses menambahkan pengguna.

menambahkan pengguna di office 365
menambahkan pengguna di office 365

Langkah selanjutnya, kalian akan kembali diminta menambahkan DNS Records pada domain manager. Cukup pilih “Next” dan kalian akan mendapatkan dua pilihan. Saran saya, pilih opsi kedua, yaitu “No I have an existing website or prefer to manage my own DNS records”, kemudian “Next”

DNS setup

Langkah berikutnya, kalian pilih layanan yang ingin digunakan dengan melakukan checklist pada kotak-kotak di atas. Ada tiga pilihan yang sudah tercentang, jika kalian ingin menggunakan semuanya, langsung pilih “Next” saja.

Setelah itu kalian akan mendapatkan informasi tambahan untuk ditambahkan pada DNS Records pada domain manager. Masukkan records tersebut sesuai dengan yang diberikan oleh Office 365. Caranya sama seperti saat melakukan verifikasi domain pada langkah di atas sebelumnya. Jika sudah, pilih “Okay I’ve added the records”. Office 365 akan kembali melakukan verifikasi.

Jika sudah terverifikasi, kalian sudah bisa menggunakan email tersebut. Kalian bisa menggunakan email client Outlook atau email client lainnya yang sudah mendukung Exchange / Office 365.

Selamat mencoba.

 

 

More Stories
Inilah Beberapa Tips Mengajari Orang Tua Memakai Smartphone