4 Alasan Kenapa eSports Adalah Sebuah Olahraga

olahraga esports

Olahraga eSports? Memangnya game bisa dibilang sebuah olahraga?

Sampai saat ini, bermain game adalah salah satu hal yang tinggi tinkat produktivitasnya. Tidak hanya menyenangkan, sekarang banyak kegiatan khusus yang sengaja dibuat untuk bermain game yang disebut dengan eSports.

[irp posts=”50260″ name=”Esport Akan Masuk Jadi Cabang Olahraga Resmi di Asian Games 2022!”]

Esports yang merupakan video game kompetitif berkembang dengan cukup pesat, terlihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang mulai mendukung kegiatan ini seperti perusahaan eCommerce sampai ke perusahaan Ojek Online.

Perkembangannya pun sudah memasuki tahapan klimaksnya, dengan masuknya eSports sebagai cabang olahraga yang didemonstrasikan pada Asian Games 2018 lalu.

Lalu apakan eSports sudah layak disebut sebagai salah satu cabang olahraga? Di bawah ini ada empat poin yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Kompetitif

olahraga esports

Salah satu alasan yang paling menonjol kenapa olahraga sering dipertandingkan adalah untuk mencari dan menghasilkan tim atau individu terbaik.

Setiap olahraga pun memiliki alat ukurnya masing-masing untuk menentukan siapa pemenangnya yang biasa kita sebut dengan skor ataupun poin.

eSports sendiri tergolong sangat kompetitif karena berbeda dengan jenis game single player yang hanya berfokus pada alur cerita.

Contohnya adalah game Pro Evolution Soccer (PES) yang bertujuan mencetak gol sebanyak-banyaknya atau game Counter:Strike yang juga bertujuan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya.

Kesiapan Mental dan Fisik

olahraga esports

Dalam setiap olahraga termasuk olahraga esports, mental dan fisik juga harus dipersiapkan dengan matang jika ingin berpartisipasi dalam sebuah turnamen yang digelar.

Tingkat stres yang meningkat akan mempengaruhi sistem pernafasan, tekanan darah dan denyut jantung. Hal tersebut juga berlaku untuk pertandingan game. Maka dari itu, kesiapan mental dan fisik juga sangat dibutuhkan.

Keahlian yang Terus Diasah

olahraga esports

Jika pesepak bola mewajibkan pemainnya untuk bisa melakukan tendangan secara tepat, maka eSports juga memiliki tuntutan yang sama terhadap pemainnya.

Berdasarkan genre dari banyaknya game yang dilombakan, cabang eSports sendiri dibagi atas beberapa jenis; MOBA, Battle Royale, dan FPS.

Untuk game-game FPS, keahlian yang perlu diasah secara terus-menerus dan dikuasai adalah gerakan refleks yang tepat. Sedangkan, MOBA mewajibkan pemainnya bisa farming dengan efisien.

Olahraga eSports Juga Membutuhkan Aturan

olahraga esports

Dalam setiap pertandingan, pasti ada sebuah peraturan yang harus disepakati oleh semua peserta sebelum berlangsungnya sebuah kompetisi.

Kesepakatan tersebut dibakukan dalam bentuk regulasi, dimana jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemainnya, akan dijatuhi sebuah penalti.

[irp posts=”46820″ name=”5 Game eSport yang Banyak Memiliki Player Wanita”]

Aturan tersebut tentunya untuk mendukung nilai-nilai kejujuran dan sportifitas, selain itu saling berjabat tangan, tidak berlaku curang, tidak mengonsumsi obat-obatan adalah hal yang wajib dilakukan di arena olahraga tradisional dan juga eSports.

Jadi, jika kamu masih menemukan orang-orang yang menganggap game hanya sekedar “game”, silakan beritahu tulisan ini agar dia tercerahkan. Yuk latihan game lagi!

    %d blogger menyukai ini: