Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Sengketa Jargon “One More Thing” Antara Apple dan Swatch

one more thing
Anom Penulis

Kalimat “One more thing” yang sering muncul di acara Apple rupanya punya kisah tersendiri. Salah satunya adalah sengketa merk dagang atas ucapan tersebut antara Apple dan Swatch.

“One more thing” adalah kalimat yang sering kita tunggu ketika menyaksikan acara Apple. Kalimat ini mengindikasikan adanya produk kejutan yang akan hadir. Steve Jobs-lah yang sering mengucapkannya, sehingga menjadi ciri khas acara Apple.

CEO Apple berikutnya, Tim Cook, menghidupkan kembali ucapan itu di tahun 2015 ketika mengumumkan Apple Watch pertama kali. Bahkan kemudian ada acara bertajuk itu ketika Apple mengungkap chipset M1.

Namun tahukah kamu kalau perusahaan jam asal Swiss, Swatch, sudah mendaftarkannya sebagai merek dagang?

Pendaftaran Merk Dagang “One More Thing”

Pada tahun 2014, Swatch mendaftarkan kalimat “One more thing” sebagai merek dagang internasional. Pendaftaran itu dikabulkan dan terdaftar pada tanggal 22 Mei 2015.

Tindakan ini kelihatannya memang sengaja dilakukan untuk mengusik Apple yang sering memakainya. Ketika itu, Swatch berencana mengumumkan produk smartwatch pertamanya dan akan menyaingi Apple Watch yang juga akan melakukan debutnya.

Menariknya, Apple sebelumnya mendapat penolakan ketika mendaftarkan nama “iWatch” di Inggris. Sebabnya adalah nama itu terlalu mirip dengan nama “iSwatch” milik Swatch yang lebih dulu hadir. Kelihatannya itu sebabnya kenapa namanya kini Apple Watch.

Gugatan Apple Ditolak

Sengketa antara Apple dan Swatch untuk ucapan khas itu berlangsung cukup lama. Tapi fast forward ke sidang terakhir di akhir Maret 2021, Hakim Ian Purvis menyatakan bahwa Apple tidak bisa mencegah Swatch mendaftarkan kalimat “One more thing” sebagai merek dagang.

Hakim Purvis juga menyebutkan kalau keputusan sidang sebelumnya yang menyatakan kalau “Niat Swatch telah melewati batasan (etika) antara pantas dan tidak dalam memanfaatkan merek dagang” adalah salah.

Baca Juga:  Apple Music Punya Fitur Apple Music Sing, Bisa Karaoke Langsung dari Aplikasi

Sang Hakim menambahkan kalau ucapan itu awalnya mungkin berawal dari Columbo, tokoh fiksi yang diperankan oleh Peter Falk dari acara TV berjudul sama.

Acara Columbo sendiri tayang pada tahun 1968–1978 dan 1989–2003. Jadi jelas lebih dulu dari saat Steve Jobs mengucapkan kalimat tersebut.

Sekali lagi, Swatch berhasil mengandaskan upaya Apple. Selain masalah “One more thing” dan “iWatch” Apple juga gagal menghentikan Swatch memakai kalimat “Tick Different” yang memplesetkan jargon iklan Mac “Think Different” (yang awalnya menjawab jargon IBM “Think”).