“One UI Watch” Resmi Jadi Sistem Operasi Smartwatch Terbaru Samsung

Dalam MWC 2021, Samsung resmi umumkan sistem operasi smartwatch terbarunya yang bernama One UI Watch, bikin berdasarkan OS Wear Google.

Beberapa waktu lalu, Samsung sempat mengumumkan kolaborasinya bersama Google untuk bikin OS smartwatch anyar. Lewat kolaborasi itu, Samsung menegaskan kalau mereka tak akan lagi memakai Tizen OS seperti di smartwatch sebelumnya.

Sebagai gantinya, Samsung akan beralih menggunakan Wear OS hasil kolaborasinya bersama Google. Hasil akhir dari kolaborasi itu adalah One UI Watch, sistem operasi smartwatch terbaru yang dibuat berdasarkan Wear OS.

Karena berbasis Wear OS, sistem operasi terbaru besutan Samsung ini bakal terintegrasi lebih dalam dengan Android dibanding Tizen OS.

Contohnya kalau kamu menginstal aplikasi dari Play Store (di smartphone) yang punya aplikasi jam tangan, otomatis aplikasi tersebut juga bakal diinstal ke smartwatch. Bukan cuma itu, kamu juga bakal merasakan sinkronisasi yang mulus antara smartwatch dengan ponsel.

Ada lagi yang menarik dari One UI Watch. Karena integrasi ke Android jauh lebih banyak, bahkan pengaturan yang ada di ponselmu juga bakal dibawa ke smartphone. Misal kamu telah memblokir nomor seseorang di ponsel, nomor itu juga bakal terblokir di smartwatch juga.

Sistem operasi ini juga menyajikan daftar aplikasi yang jauh lebih besar ke smartwatch lho. Berbagai aplikasi populer seperti Spotify, YouTube Music, Calm, Adidas Running, Strava, dan Google Maps bakal otomatis tersedia di Galaxy Watch.

Satu lagi yang seru. Untuk membedakan OS terbaru Samsung dengan Wear OS lainnya, mereka bakal menghadirkan peningkatan tools desain tampilan jam untuk para desainer. Jadi mereka bisa bikin tampilan smartwatch yang sesuai dengan suasana hati, aktivitas atau kepribadian mereka.

Sayangnya dalam pengumumannya di acara MWC 2021, Samsung sama sekali tak menyinggung soal Samsung Galaxy Watch 4.

Perusahaan chaebol itu cuma mengatakan kalau OS terbarunya itu akan dipakai jajaran smartwatch anyar yang bakal diumumkan di Galaxy Unpacked, akhir musim panas ini.

Kalau dilihat dari berbagai bocoran Samsung Galaxy Watch 4 yang telah beredar baru-baru ini, bisa jadi smartwatch inilah yang dimaksud oleh Samsung (alias yang bakal rilis akhir musim panas ini).

%d blogger menyukai ini: