Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

OneDo: Aplikasi To-Do Sederhana dan Efisien

Anom Penulis

Mencari aplikasi to-do yang sederhana namun efisien itu gampang-gampang susah. Aplikasi OneDo menawarkan hal itu. Boleh dibilang cukup berhasil.

Sekedar catatan samping, Microsoft sudah memiliki OneNote. Tapi aplikasi itu memiliki banyak fitur yang membuatnya sampai titik kurang sederhana digunakan. Action Note memberikan fitur menawan dengan memberi akses dari Action Center. Namun, aplikasi itu lebih ke aplikasi catatan, bukan aplikasi to-do. Check list belum tersedia di sana. Menurut saya, Flat Notes merupakan salah satu yang mendekati kriteria ini. Wunderlist juga merupakan salah satu kandidat yang menarik.

Begitupun OneDo. Aplikasi ini menawarkan catatan to-do list dengan sederhana, namun kaya fitur dan penggunaannya juga mudah. Dari halaman utamanya, kita bisa melihat semua daftar yang kita buat berdasar waktunya. Daftar itu juga menyertakan informasi pengingat (reminder).

Aplikasi ini mendukung gestur swipe seperti email Outlook. Swipe ke kiri untuk menandai tugas sudah selesai, dan swipe ke kanan untuk menghapusnya. Kita juga bisa melihat daftar di bawah sebuah subyek langsung dengan dropdown. Jadi, banyak hal bisa dilihat dan dilakukan dengan cepat di halaman awal.

Walau terlihat sederhana, pilihan saat membuat daftar cukup lengkap. Mulai dari subyek utama (judul), keterangan, tugas kecil di dalamnya (subtask), sampai pengaturan waktu. Aplikasi ini juga mendukung tugas berulang dan pengaturan prioritas.

Di dalam aplikasi ini terdapat kalender dan jam untuk mengatur jadwal dan reminder. Menurut saya, desainnya sangat menarik. Apalagi ada tombol bantuan untuk menetapkan waktu (today, tomorrow, morning, evening, dll).

Tentu saja, aplikasi OneDo ini juga mendukung live tile. Kita bisa melihat bagaimana bentuk tile aplikasi OneDo saat membuat daftar. Sekaligus mengatur besar huruf dan informasi apa saja yang hadir di sana.

Seperti sudah saya sebut, fiturnya memang banyak dan cukup detil. Kita bisa mengatur sesuai kebutuhan atau kebiasaan kita. Semua ini agar kita tidak harus pusing mengingat tugas yang menumpuk, dan bisa melihatnya dengan cepat saat dibutuhkan.

Akhirnya, pilihan aplikasi to-do yang baik memang tergantung kita sendiri. Di sisi lain, aplikasi OneDo ini menawarkan banyak sisi yang benar-benar membantu kita menyelesaikan tugas. Istilah kerennya: get things done.

Kalau kamu suka menggunakan aplikasi to-do untuk memperingan kerjaan atau sekedar supaya tidak lemot, aplikasi OneDo ini boleh menjadi salah satu pilihan. Aplikasi to-do ini gratis dan ringan. Aplikasi OneDo ini tersedia untuk Windows Phone 8.1 dan Windows 10 Mobile. Sayangnya OneDo belum UWP, jadi belum tersedia di komputer.