Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

OneRoom: Melihat Detil Waktu Edit Foto

Anom Penulis

Kelihatannya, aplikasi edit foto akan terus bertambah di Windows Phone. Walau sudah ada Fhotoroom, Afterlight, Photoshop Express, Creative Studio, dan lain-lain, masih saja ada aplikasi yang baru. Seperti aplikasi edit foto OneRoom ini.

Yang pertama kali menarik perhatian dari OneRoom adalah peletakan menu yang tidak ribet. Menu utama di sebelah kiri, menu tools di sebelah kanan. Tapi sebelum kita bisa menggunakan kedua menu itu, kita harus memilih foto dulu dari galeri. OneRoom tidak (belum?) mendukung fitur memotret. Cukup aneh.

Tools editnya sih mungkin tidak terlalu beda dengan aplikasi lain. Boleh dibilang OneRoom tidak kalah detil soal keragaman tools ini. Rata-rata tools hadir dengan fungsi slider di bagian bawah layar. Sesuai dengan UI Windows Phone yang bersahabat dengan jangkauan jari.

Ada pilihan preset (hasil edit instan) yang bisa dipilih, atau kita bisa menyimpan trik edit yang biasa kita lakukan sebagai preset. Ah… Yang tidak kalah menari, ada fungsi straighten picture. Lho, di Fhotoroom juga ada kan? Iya, tapi di OneRoom bidang fotonya tetap, jadi kita bisa lihat yang terpotong sebelah mana (dengan lebih mudah).

Selain itu, yang menarik adalah fungsi pengaturan details (high pass). Ini semacam trik HDR. Kalau kalian pernah baca trik foto ala Dave Hill di Photoshop, ya mirip itu. Cuma lebih instan.

Ada lagi yang menarik? Hm, OneRoom punya kaca pembesar. Kalau kita tap foto, akan keluar kaca pembesar seperti di aplikasi Touch Retouch. Mempermudah untuk melihat detail foto. Bahkan mungkin lebih enak dari pada pinch-out to zoom.

Tapi ya itu saja. OneRoom lebih ke edit foto secara tampilan. Tidak ada frame atau light leaks di sini. Juga tidak ada tektur, seperti noise. Meski begitu, harus saya akui, edit foto di OneRoom cukup enak.

Baca Juga:  4 Rumus Edit Lightroom Ala Selebgram Paling Viral di Smartphone

Aplikasi OneRoom tersedia dengan harga cukup lumayan di bursa Windows Phone. Ada versi trial, tapi tidak bisa save foto. Aplikasinya bekerja di Windows Phone 8.1. Yah, pilih sendiri mana aplikasi edit foto favoritmu. Yang gratis ada, yang berbayar juga ada. Masing-masing dengan perangkat edit andalannya.