Opera Touch: Browser Handphone Baru Yang Efisien

opera touch

Lupakan sejenak Opera, Opera Mini, atau browser handphone lain. Karena browser baru sudah tiba. Inilah Opera Touch, sebuah browser yang lebih mudah dipakai dan terintegrasi dengan browser di komputer.

Ya, Opera merilis browser handphone baru yang bernama Opera Touch. Bersamanya juga hadir fitur baru yang mengintegrasikan Opera desktop dan Touch dalam penggunaan selaras, yaitu Flow.

Opera Touch dan Penggunaan Satu Tangan

Browser Opera terbaru ini dikembangkan agar mudah digunakan dengan satu tangan. Hal ini merupakan hasil riset mendalam yang menunjukkan kalau 86% pengguna (di Amerika) lebih banyak memegang handphone dengan satu tangan.

Oleh karena itu Opera membuat sistem navigasi baru di browser ini. Opera Touch memiliki tombol (yang banyak dipakai) yang berada dalam jangkauan jempol. Sehingga β€” menurut contoh Opera β€” kamu tetap bisa browsing sambil makan es krim.

tombol navigasi opera touch
Tombol navigasi Opera Touch

Tombol navigasi baru ini disebut dengan nama Fast Action Button (FAB). Saat kamu membuka halaman situs web, FAB hadir melayang di bagian tengah bawah layar. Kalau kamu menekannya, akan muncul beberapa tombol pilihan, seperti tab, refresh / reload, dan Flow. Kamu tinggal geser ke tombol bersangkutan. Yang menarik, FAB akan hilang kalau kamu menggeser layar. Misalnya saat membaca sebuah artikel. 

[irp posts=”42022″ name=”Tampilan dan Fitur Keren Browser Opera Terbaru”]

Flow Meneruskan Browsing Antar Perangkat

Kamu pernah sedang asik browsing di komputer lalu harus pergi? Dengan Flow, apa yang kamu lihat di komputer segera hadir di Opera Touch. Tapi bukankah browser lain juga seperti itu?

Ini yang brilian. Kalau di browser lain kamu harus login atau harus mengirim link, di Opera semua terjadi secara instan dan cepat. Percaya atau tidak, bahkan ketika saya sedang mengetik artikel ini, halaman ini sudah muncul di handphone saya (di bagian atas Top Site).

fitur opera flow
Flow menghubungkan dekstop dan handphone secara instan

Uniknya, yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan otentikasi dengan memindai QR code di browser Opera desktop. Persis seperti ketika kamu menggunakan WhatsApp Web. Itu saja.

Bahkan, kamu bisa mengirim catatan untuk dirimu sendiri dari desktop ke handphone dan sebaliknya. Catatan ini muncul seperti percakapan di aplikasi chatting. Jadi terasa natural.

[irp posts=”51507″ name=”Opera Menghentikan Aplikasi Opera VPN”]

Saat ini, saya sedang mencoba menggunakan browser Brave di handphone. Semata-mata hanya karena saya bisa memindah address bar browser ini β€” yang dibangun di atas Chromium β€” ke bagian bawah. Google Chrome sudah meniadakan pilihan tersebut.

Ketika mencoba browser Opera Touch dan menggunakan fiturnya β€” FAB dan Flow, mau tidak mau ketergantungan saya akan address bar yang ada di bawah sirna. Hal ini menjadi semacam kejutan yang menyenangkan. Mungkin ini saatnya saya ikut dalam arus revolusi.

Oya, saat ini Opera Touch baru tersedia untuk Android. Silakan coba.

Download (Android)

%d blogger menyukai ini: