Twitter Sebentar Lagi Bakal Punya Opsi “Sign in with Apple” di iOS

Kabar bagus buatmu pengguna Twitter iOS. Karena sebentar lagi, kamu bakal bisa pakai opsi “Sign in with Apple” buat masuk ke Twitter iOS.

Rumor ini dibocorkan oleh analis Jane Manchun Wong. Jane baru-baru ini menemukan kalau Twitter tengah bekerja untuk mengaktifkan opsi masuk ke Twitter pakai akun Apple.

Saat ini Twitter gosipnya juga tengah mengerjakan fitur “Connected Accounts,” untuk memungkinkan pengguna Twitter terhubung lewat Apple. Karena masih dalam tahap pengembangan, jadi fitur ini belum tersedia secara global.

twitter sign in with apple
Sumber : Jane Manchun Wong

Menariknya, sebelumnya Jane Manchun Wong juga sempat menemukan fitur yang sama (“Connectec Accounts”), tapi buat akun Google.

Buat kamu yang belum tahu, dalam dunia teknologi fitur ini sebenarnya dijuluki sebagai SSO atau Single Sign-On. Walau pun bisa menjadi pilihan sign in yang lebih nyaman, tapi fitur ini punya kelemahan lho. Yakni dapat memberikan kontrol/akses ke akun pihak ketiga ke penyedia SSO.

twitter sign in with apple
Sumber : Jane Manchun Wong

Pertanyaannya, apakah opsi Twitter “Sign in with Apple” juga bakal serawan itu? Belum tentu. Karena menurut situs Phone Arena, Apple menggunakan email proxy, yang mampu menyembunyikan email asli pengguna dari situs web yang mereka masuki (umumnya ini adalah fitur yang fokus pada privasi dan keamanan data).

Untuk apliaksi iOS sendiri, opsi “Sign in with Apple” hanya akan muncul jika aplikasi atau layanan juga punya opsi SSO pihak ketiga. Jadi kalau aplikasi atau layanan nggak punya opsi SSO dari pihak ketiga, kamu nggak bakal bisa pakai fitur “Sign in with Apple.”

Sampai saat ini, Twitter juga belum menawarkan opsi SSO untuk Google mau pun Apple. Selain itu juga belum jelas kapan opsi ini akan sampai ke pengguna secara global.

Di sisi lain, Twitter rumornya juga tengah disibukkan dengan aktivitas pengujian fitur “Related Fleet” yang cara kerjanya agak mirip seperti di Instagram Stories. Mereka juga tengah menyiapkan 3 konsep fitur masa depannya, salah satunya fitur teman terpercaya.

%d blogger menyukai ini: