Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ini Dia 3 Konsep Fitur Masa Depan Twitter: Ada Fitur Teman Terpercaya

Indri Penulis

Twitter habis pamerin tiga konsep fitur masa depannya. Salah satu konsep yang mereka pamerkan adalah fitur Teman Terpercaya.

Bulan lalu, Twitter resmi meluncurkan layanan Twitter Blue. Ini adalah layanan berbasis langganan yang memungkinkanmu mengakses berbagai fitur eksklusif Twitter dengan biaya langganan bulanan. Sementara ini, Twitter Blue baru tersedia di Australia dan Kanada.

Meski pun layanan Twitter Blue belum sampai ke negara-negara lain (termasuk Indonesia), tapi Twitter baru-baru ini membocorkan 3 konsep fitur yang bakal ada di Twitter Blue.

Dikutip dari TechCrunch, fitur-fitur ini bakal memberimu fleksibilitas dan kontrol lebih besar terhadap profil serta tweet.

Kita bicarakan dulu soal konsep fitur yang pertama, yakni Trusted Friends/Teman Terpercaya. Sebenarnya Trusted Friend adalah pengembangan dari fitur batasi balasan (Reply Limit) yang rilis tahun lalu.

Sumber : Tech Crunch

Banyak orang sudah pakai fitur batasi balasan. Hanya saja, fitur ini masih kurang ampuh dalam melindungi privasi tweet. Yah walau pun sebagian orang nggak bisa membalas tweet tersebut, tapi tweet itu masih bisa dilihat semua orang. Orang lain juga masih bisa nge-like, me-retweet, sampai mengutip tweet.

Nah lewat konsep Trusted Friend, kamu bisa membuat cuitan yang hanya bisa dilihat oleh orang tertentu. Yah, konsepnya sebenarnya hampir mirip sama fitur “Teman Dekat” di Instagram.

Konsep yang kedua adalah Facet. Fitur ini cocok banget buat kalangan profesional yang ingin memisahkan antara tweet pribadi dengan cuitan yang berkaitan sama pekerjaan mereka.

Sumber : Tech Crunch

Nantinya di fitur ini kamu bakal bisa membuat beberapa sub-profil yang berbeda. Contoh profil yang khusus berisi cuitan tentang pekerjaan bisa kamu namai “Urban Work.” Profil yang sifatnya lebih santai bisa kamu namai “Urban” atau nama lain sesuai seleramu.

Baca Juga:  Twitter Perluas Uji Coba dengan Tambah Opsi Baru ke Fitur Status

Menariknya, kamu juga bisa atur privasi dari setiap profil (ingin bersifat umum atau privat). Nantinya, orang lain bisa memilih profil aspek mana yang ingin mereka ikuti (lumayan brilian sih).

Terakhir, konsep yang dipamerkan Twitter bernama Reply Language Prompt. Fitur ini memungkinkan kamu membuat daftar kata atau frasa yang nggak pengin kamu lihat lihat dalam bahasa Twitter.

Sumber : Tech Crunch

Contoh di fitur ini kamu bikin kata “anjay.” Nah, nanti setiap ada orang yang mengomentari cuitanmu pakai kata “anjay,” Twitter bakal menyorot kata tersebut dan menampilkan peringatakan yang memberi tahu mereka untuk memperhatikan pilihan kata.

Untuk ketersediaannya, jelas fitur-fitur ini masih belum tersedia ya. Twitter sendiri mengatakan kalau ketiga fitur di atas masih dalam tahap pengembangan dan belum final.