Owl Reader: Alternatif Aplikasi Pocket Windows Phone

Anom Penulis

Pocket adalah sebuah layanan yang berguna untuk menyimpan artikel dari internet untuk dibaca nanti. Di Windows Phone memang belum ada aplikasi resmi Pocket yang resmi. Tapi sudah ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang berkualitas mantap. Ada Poki dan Pouch. Selain itu ada juga aplikasi yang mau saya bahas, yaitu Owl Reader.

Secara tampilan, Owl Reader cukup standar. Tampilannya khas Windows Phone, dengan pivot dan daftar bacaan yang berurutan. Informasi yang ditampilkan adalah thumbnail, judul, sumber, dan kategori. Ini bisa diatur lagi. Tapi itu akan kita bicarakan nanti.

tampilan owl reader

Saat membaca artikel, tampilannya cukup enak. Judul, metadata, konten, juga gambar, hadir untuk kenyamanan membaca. Saat membaca, kita juga bisa mengatur bentuk tampilan dengan cepat agar sesuai dengan kebutuhan kita. Yah, mempermudah.

Aplikasi Pocket ini tidak hanya memberikan pengaturan di situ saja. Di bagian setting terdapat pengaturan yang lebih detil lagi. Dari akun Pocket, theme, storage, pengaturan daftar artikel, dll. Pengaturan membaca yang lebih lengkap ada di sini, termasuk margin dan jarak antar baris. Sekali lagi, demi kenyamanan membaca, juga kenyamanan menggunakan aplikasi.

pengaturan owl reader

Karena Owl Reader adalah aplikasi Pocket, maka aplikasi ini akan menarik data dari akun Pocket kita. Lalu apakah hanya itu cara menambahkan artikel? Tentu saja tidak. Owl Reader memberikan beberapa pilihan untuk menambah artikel saat kita sedang mobile.

Pertama, adalah dengan alamat url artikel bersangkutan. Ini dilakukan dengan copypaste alamat url dari browser, ke kolom isian di Owl Reader. Kedua, dengan menambahkan bookmarklet Pocket di Internet Explorer. Artikel yang kita simpan melalui bookmarklet Pocket akan disinkronkan di Owl Reader. Ketiga, dengan menggunakan aplikasi tambahan dari Owl Reader, yaitu Owl Reader Sharing (yang bisa didapat secara gratis dari dalam aplikasi Owl Reader). Owl Reader Sharing memanfaatkan fitur sharing Windows Phone.

Aplikasi ini bisa didapat dengan harga Rp20.000,- di store. Tersedia versi trial yang didukung iklan. Owl Reader bekerja di Windows Phone 8 dan 8.1. Kalau aplikasi Poki atau Pouch dirasa kurang cocok, mungkin aplikasi Pocket satu ini bisa memenuhi kebutuhan kalian.

Download: Owl Reader

QR code:

qr code owl reader

    %d blogger menyukai ini: