Zoom dan Google Classroom Jadi Aplikasi Paling Populer Akibat Corona

google classroom

Wabah virus COVID-19 atau coronavirus membuat kantor dan sekolah ditutup dan kita harus melakukan semua kegiatan dari rumah. Hal ini membuat beberapa aplikasi meningkat pemakaiannya. Zoom dan Google Classroom menjadi aplikasi paling populer di Google Play Store karena wabah ini.

Aplikasi Zoom menjadi aplikasi gratis nomor satu di Play Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi video conference dan online meeting yang mampu menangani pengguna berjumlah banyak sekaligus. Versi gratis aplikasi Zoom menawarkan video conference online sampai 100 orang secara bersamaan.

Sedangkan Google Classroom merupakan layanan kegiatan belajar mengajar dari raksasa mesin pencari ini. Aplikasi Classroom membuat guru dan murid tetap terhubung dengan mudah di luar kelas. Membuatnya cocok untuk belajar mengajar dari rumah. Aplikasi ini sendiri juga merupakan salah satu bagian dari G Suite untuk Pendidikan.

Berdasar Google Play Store dan App Brain, kedua aplikasi itu duduk di puncak aplikasi gratis untuk wilayah Indonesia. Baik Zoom dan Classroom sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna pada bulan ini. Lucunya, untuk kategori semua unduhan, Classroom kalah oleh game Worms Zone Io.

peringkat aplikasi populer play store

App Brain tidak menunjukkan grafik untuk wilayah Indonesia. Namun untuk Amerika Serikat, kedua aplikasi itu mulai menanjak kepopulerannya sejak tanggal 12 Maret 2020 dan bertahan di puncak sampai saat ini.

Hal menarik yang berhubungan dengan peningkatan pemakaian kedua aplikasi itu karena wabah corona adalah keduanya menggantikan komunikasi dari fisik ke maya secara online. Ini menunjukkan betapa pentingnya sarana digital sebagai alternatif aktivitas fisik.

Memang saat ini merupakan saat kritis bagi dunia. Kalau memang serius ingin bertahan, mari kita tetap melakukan swakarantina dan beralih ke aplikasi dan layanan online, seperti Zoom dan Google Classrom ini.

%d blogger menyukai ini: