Cara Pakai Kamera Ponsel untuk Video Call di Laptop via Link to MyASUS

Kita tahu kalau sebagus-bagusnya webcam di laptop akan masih lebih bagus kamera di smartphone. Untungnya ASUS memberi cara bagi pemilik laptop untuk bisa pakai kamera ponsel untuk video call lewat aplikasi MyASUS.

Hm, kalau kamu pengguna laptop ASUS, punya aplikasi MyASUS dan aplikasi Link to MyASUS di ponsel, juga rajin update, mungkin kamu sudah tahu fitur yang bernama ShareCam ini. Tapi kalau belum dan membutuhkan kamera yang lebih bagus untuk video call, silakan simak tutorial berikut ini.

Persiapan

Tentu, sebagai persiapan, kamu harus memasang aplikasi MyASUS di laptop dan aplikasi Link to MyASUS di ponsel.

Layak saya sebut kalau aplikasi MyASUS sudah tersedia secara bawaan di beberapa laptop tertentu. Misalnya di ZenBook Pro Duo. Untuk bisa memakai aplikasi MyASUS, laptopmu harus menggunakan sistem operasi Windows 10 versi 16299.0 atau lebih tinggi, dan mendukung arsitektur x64 (64-bit). Kalau kamu ingin mencobanya, kamu bisa mengunduh di bursa Microsoft.

Kemudian, aplikasi Link to MyASUS sudah tersedia untuk Android dan iOS. Namun, saat artikel ini saya tulis, fitur ShareCam baru tersedia di aplikasi Link to MyASUS di Android (saya pakai ROG Phone). Versi iOS, sayangnya, belum memiliki fitur tersebut (saya coba di iPhone 8 Plus).

Pastikan koneksi Bluetooth aktif baik di laptop maupun di ponsel. Lalu pastikan juga kedua perangkat ada di satu jaringan Wi-Fi yang sama.

Pakai Kamera Ponsel di Laptop lewat Link to MyASUS

  • Di Laptop:
    1. Buka aplikasi yang kamu pakai untuk melakukan video call
      • Di sini saya pakai Microsoft Teams.
    2. Masuk ke setelan kamera di aplikasi tersebut.
      • Tergantung aplikasi, tapi kamu bisa cari di Setelan > Perangkat > Video
    3. Pada menu video, pilih ‘Link to MyASUS-ShareCam’.
  • Di Ponsel:
    1. Buka aplikasi Link to MyASUS.
    2. Aktifkan ‘Discoverability’ (Bisa temukan perangkat lain).
    3. Beri ijin akses untuk ‘Shared Cam’
  • Di Laptop:
    • Pilih ponselmu sebagai perangkat terhubung.
    • Kamu sudah bisa pakai kamera ponsel untuk video call.
  • pakai kamera ponsel di laptop

Nah, sekarang kamu bisa pakai kamera smartphone di laptop ASUS milikmu tanpa ribet. Apalagi kalau ponsel sudah kamu pasangkan (pair) dengan laptop, prosesnya akan lebih mudah.

Kamu juga bisa menikmati fitur lain, seperti mengirim file antar perangkat, berbagi layar, atau bahkan mengoperasikan perangkat jarak jauh (remote access).

Nah, selamat mencoba, selamat ulang tahun, dan SSBS (Semoga Sehat dan Bahagia Selalu).

%d blogger menyukai ini: