Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

PasteFrom: Menggabungkan Gambar di Hape

Anom Penulis

Setelah beberapa waktu lalu membahas aplikasi TouchRetouch, sekarang saya mau membahas aplikasi lucu lainnya, PasteFrom. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi edit foto. Untuk lebih spesifik lagi, PasteFrom bisa menghapus background gambar, dan mengganti / menggabungkannya dengan foto lain.

Cara yang dilakukan PasteFrom cukup mudah dan cerdas. Pertama, masukkan foto yang mau diedit. Lalu hilangkan background-nya. Ini yang menarik. Kalau TouchRetouch menggunakan tool yang mirip healing brush, PasteFrom menggunakan tool yang serupa dengan magic wand di Photoshop.

Pilih saja area yang mau dihilangkan (lihat area berwarna abu-abu di gambar paling kiri). Kita bisa memperbesar atau mengecilkan bidang pilihan dengan tombol plus dan minus. Mirip dengan fungsi expand dan contract di selection Photoshop. Kalau sudah selesai, pilih tanda centang, dan bim salabim, area itu hilang.

Untuk membersihkan bidang yang lebih detil, kita gunakan eraser. Untuk memperbesar bidang eraser, gunakan tombol kotak hitam besar dan kecil. Kalau sudah pas, tap tombol kotak paling kiri. Area itu pun akan bersih. Oya, untuk memperbesar view gambar bisa gunakan gestur pinch to zoom.

Lalu, masukkan gambar kedua (pilih tombol pastefrom). Kita memilih gambar dengan tombol select. Kalau kita memilih salah satu gambar, kita bisa mengaturnya untuk jadi gambar background atau foreground (to top atau to bottom). Selain itu kita juga bisa memperbesar atau memutarnya (tap tombol mode untuk mengganti fungsi). Atur saja sesuai keinginan. Akhirnya, save gambar tersebut (lihat 2 foto awal dan hasilnya di bawah ini).

Kelemahannya, aplikasi PasteFrom belum bisa mengganti warna background (artwork) dan garis seleksi foto masih kurang jelas. Seperti gambar contoh di atas, warna background foto dan background aplikasi mirip. Jadi agak susah untuk melakukan seleksi. Perbedaan kurang terlihat.

Selain itu, tidak ada view semacam kaca pembesar seperti di TouchRetouch saat menggunakan eraser. Jadi saat menghapus ya agak repot. Kudu ngintip di bawah jari buat melihat sudah pas atau belum.

Sekedar tips, sebelum menggabungkan gambar, perhatikan pencahayaannya. Usahakan warna dan arah pencahayaan sesuai. Jadi kalau foto digabungkan akan terlihat alami (gambar di atas masih kurang oke). Bisa gunakan aplikasi edit foto lain seperti Fhotoroom, Photoshop Express, atau Creative Studio untuk melakukannya.

Nah, selamat menyruput….