Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Paten Terbaru Apple Bikin Magic Keyboard Jadi PC Mac Portabel

Tinggal colokin ke monitor, beres!

Indri Penulis

Apple baru-baru ini dilaporkan ajukan paten baru. Paten tersebut memungkinkan Apple memboyong semua piranti PC Mac jadi satu ke Magic Keyboard.

Dilansir dari GSMArena, paten tersebut diterbitkan oleh USPTO (United States Patent and Trademark Office) tahun ini. Tapi sebenarnya, Apple telah mengajukan paten tersebut sejak Agustus 2020.

popculture.id

Inti dari paten tersebut adalah menjadikan ‘Magic Keyboard sebagai PC Mac portabel.’ Hal ini diketahui lewat penjelasan paten yang berbunyi, “computer in an input device” (komputer dalam perangkat input). Itu artinya Apple bakal menjejalkan PC Mac ke dalam wadah Magic Keyboard.

Banyaknya permintaan untuk perangkat komputasi portabel yang juga bisa memberikan kinerja tinggi,  telah mendorong miniaturisasi dan pengurangan ukuran komponen komputasi yang dulunya sangat besar (yang digunakan untuk memberi daya dan menggerakkan perangkat),” tulis Apple dalam deskripsi patennya.

Berdasarkan gambar paten, nantinya kasing keyboard akan berisi semua komponen PC Mac seperti prosesor, baterai, memori, dll (nggak cuma tombol seperti biasa). Dengan begitu pengguna nanti hanya perlu mencolokkan keyboard ke monitor dan tadaa.. Mereka sudah bisa menggunakan komputer seperti biasa.

Oya dalam patennya, Apple juga menyebutkan kalau keyboard mereka bakal menggunakan bahan konduktif panas. Bahan tersebut diklaim mampu menghilangkan panas yang dihasilkan oleh piranti PC di dalam kasing keyboard.

Nah yang nggak kalah gila, paten tersebut juga mengatakan kalau komputer portabel yang dibungkus keyboard ‘akan bisa dilipat.’ Bahkan nggak menutup kemungkinan kalau keyboard tersebut akan dibekali Trackpad built-in, dengan pengguna pengguna nggak perlu pakai mouse.

Hal-hal yang dipatenkan oleh Apple di atas memang terlihat menarik dan mungkin bisa mengubah tren PC portabel masa depan. Tapi seperti biasa, paten yang diajukan oleh perusahaan belum tentu akan jadi kenyataan. Tapi jujur, baru membayangkannya saja rasanya sudah keren dan yang pasti bakal praktis banget. Ya nggak sih?

    %d blogger menyukai ini: