Paten “Bantuan Game” Baru di PlayStation: Kamu Bisa Dibantu Pemain Yang Lebih Jago

Sony telah ajukan paten mode bantuan game untuk PlayStation. Fitur ini memungkinkan gamer yang lebih jago membantumu mengalahkan game.

VGC baru-baru ini menemukan kalau Sony Interactive Entertainment (SIE) telah mengajukan paten di AS pada akhir April lalu. Bukan tentang desain PlayStation yang akan datang, namun kali ini Sony mematenkan layanan bantuan game real-time yang lebih ‘baru.’

Fitur Bantuan Game di PlayStation

Di paten terbaru ini, layanan Bantuan Game bakal menghubungkan gamer yang lebih handal ke pemain. Pemain bisa menghubungi mereka kapan pun saat butuh bantuan untuk menyelesaikan tantangan dalam game.

Pertanyaannya, siapa saja gamer handal yang bisa dihubungi nantinya? Paten yang diajukan SIE mengungkapkan bahwa sistem bakal mengundang gamer untuk mendaftar sebagai ‘guru’ dari game tertentu. Mereka diundang berdasarkan kemampuan dan pencapaian di setiap judul game.

Gamer yang memenuhi syarat bakal memperoleh ‘bayaran’ berupa keuntungan dalam game. Contohnya mendapat konten khusus seperti item atau misi, sampai membuka Trophy tambahan.

Agar pemain biasa tidak bingung, pemain-pemain jago yang sudah terdaftar bisa menandai diri mereka dengan status “Available.” Dengan begitu, pemain biasa dapat mengetahui siapa gamer yang bisa mereka mintai bantuan nantinya.

Lebih lanjut, SIE juga melampirkan gambar mekanisme cara kerja bantuan game terbaru. Gambar tersebut menjelaskan kalau pemain bisa minta bantuan via konsol atau aplikasi seluler PlayStation. Nantinya, permintaan bantuan ini bakal disalurkan ke gamer yang tersedia.

Paten Bantuan Game Terbaru di PlayStation
Sumber Gambar : VGC

Oya, paten SIE juga menggambarkan proses pencocokkan pemain dengan gamer jago layaknya memanggil Uber. Gamer handal yang tersedia bakal diberikan data tentang sesi permainan si peminta bantuan seperti misi, level, pemuatan, hingga skill. Selanjutnya, pemain bakal dipasangkan dengan gamer handal yang sudah pernah menyelesaikan bagian permainan tersebut.

Selama sesi bantuan, gamer-gamer yang lebih handal ini bisa memberikan panduan via teks, suara, video biasa, sampai video yang mereka sematkan dari antarmuka konsol, seluler atau web.

Paten Bantuan Game Terbaru di PlayStation
Sumber Gambar : VGC

Sony juga mengatakan kalau bantuan dari gamer bisa diberikan lewat sesi rekaman (bukan cuma sesi langsung). Rekaman bantuan bakal dikeluarkan sesuai permintaan dan konteks permainan. Rekaman ini bisa diberi peringkat sesuai umpan balik pemain, dan dipilih berdasarkan algoritma sistem.

Satu lagi yang bikin layanan ini unik. Si peminta bantuan ternyata juga bisa mengaktifkan ‘bendera spoiler’ lho. Bendera ini bakal memperingatkan si pemberi bantuan agar tidak memberitahu pemain soal urutan game yang akan datang. Jadi permainan selanjutnya bakal tetap seru.

Di sisi lain, PlayStation 5 sebenarnya sudah memiliki mode Bantuan Game/Game Help. Mode ini memungkinkan pemain mengakses video tutorial lewat kartu aktivitas. Tapi sayangnya, mode ini cuma tersedia untuk judul game tertentu. Beda dengan paten terbaru, di mana pemain bisa memperoleh bantuan untuk judul game apa pun.

Kalau ide yang diuraikan dalam paten benar-benar jadi kenyataan, sepertinya itu akan menjadi cara yang bagus agar pemain tak gampang berkecil hati dan menyerah pada permainan mereka.

Gimana menurutmu soal ide Sony kali ini?

%d blogger menyukai ini: