Fenomena Patung Pokemon Yang Muncul Secara Misterius di Brazil

Pokemon memang merupakan waralaba yang sangat populer dan memiliki banyak fans. Tidak jarang hal itu memunculkan berbagai fenomena unik. Salah satunya yang terjadi di Brazil, ketika tiba-tiba beberapa patung Pokemon muncul di beberapa tempat secara misterius.

Belum lama ini, patung-patung itu diangkat oleh seorang pengguna Reddit yang memakai username u/HauntingH di forum r/InterestingAsFuck. Ia menyebutkan kalau ada banyak patung Pokemon muncul dan tidak ada yang tahu siapa yang menaruhnya. Ada sekitar 5 atau 6 buah patung tersebar di kota Suzano, Sāo Paulo.

Patung Pokemon di Brazil

Foto yang ia unggah pertama adalah foto Charizard. Foto itu menunjukkan patung yang berukuran cukup besar. DI sampingnya terdapat plakat bertuliskan “Um CHARIZARD selvagem apareceu.” yang berarti “A wild CHARIZARD appeared“. Sebuah kalimat yang biasanya muncul kalau trainer bertemu dengan Pokemon liar.

patung pokemon Charizard
patung Charizard

Foto itu kontan memancing banyak reaksi. Ada yang bertanya apakah patung itu juga menjadi Pokestop, ada yang berharap kalau patung itu berwarna,dan ada juga yang berkomentar kalau OP (original poster / yang mengunggah) harus berburu 146 Pokemon lain.

Foto berikutnya yang diunggah oleh u/HauntungH adalah patung Bulbasaur. Patung itu juga memiliki plakat dengan tulisan sama, yaitu “Um BULBASSAURO sevagem apareceu” atau “A wild BULBASSAUR appeared.”

patung pokemon Bulbasaur
patung Bulbasaur

Foto ketiga yang ia unggah adalah foto Squirtle. Patung ini juga memiliki plakat dengan tulisan yang sama, walau tidak terlalu jelas terlihat di foto tersebut.

patung Squirtle

Fenomena Pokemon Go Community Day

Dari berbagai komentar yang muncul, konon patung-patung ini muncul setiap Pokemon GO Community Day. Fenomena ini bahkan sudah berjalan sejak tahun 2018.

Tahun itu, foto-foto patung Pokemon muncul di forum r/TheSilphRoad di Reddit. Beberapa di antaranya adalah patung Eevee (yang sayangnya kemudian rusak) dan patung Mew bersama Celebi.

patung Eevee

Komunitas Pokemon GO di Sāo Paulo pun mengadakan kegiatan sosial berdasarkan patung-patung ini. Siapa yang membawa makanan untuk diamalkan, akan mendapat kesempatan membawa pulang miniatur patung.

patung Mew dan Celebi

Sejauh informasi yang ada di komentar Reddit, patung-patung ini hanya berdiri untuk sementara waktu (kelihatannya tergantung lokasi). Misalnya patung yang ada di Balai Kota terpaksa dipindah karena harus ada ijin untuk memasangnya.

Yang menarik, sejauh ini — dan sejauh penelusuran saya — belum diketahui siapa pembuat patung-patung tersebut. Tapi yang jelas fenomena ini sangat menarik dan seru.

%d blogger menyukai ini: