Resmi! Pavel Durov Umumkan Telegram Premium

Anom Penulis

Akhirnya Pavel Durov mengumumkan secara resmi keberadaan Telegram Premium. Aplikasi pesan pesaing WhatsApp ini akan memiliki versi berlangganan yang menawarkan keuntungan, seperti fitur tambahan, kecepatan, dan sumber daya lebih dibanding versi gratis.

Sebelum ini kehadiran versi Premium sudah tercium melalui versi beta. Ketika itu, tampak beberapa fitur yang terkunci kecuali kamu anggota premium. Misalnya stiker dan reaksi.

Pengumuman Telegram Premium

Pavel Durov mengumumkan Telegram Premium ini melalui kanal miliknya di aplikasi tersebut. Mengawali pengumumannya, ia menyebutkan kalau cukup sulit mempertahankan semuanya secara gratis. Beban server dan lalu lintas komunikasi akan semakin berat.

Untuk itulah Telegram menghadirkan versi berbayar. Dengan begitu, mereka yang berlangganan bisa ikut andil mendukung ekosistem Telegram.

pesan pavel durov soal telegram premium

Pavel Durov juga mengatakan kalau semua fitur yang sudah tersedia saat ini akan tetap tersedia secara gratis. Sedangkan anggota Premium yang berlangganan akan mendapat keuntungan seperti stiker dan reaksi eksklusif, juga bisa mengakses file berukuran lebih besar.

Ia pun menambahkan walau pembiayaan melalui iklan terbatas di kanal cukup sukses, ia merasa Telegram sudah seharusnya dibiayai oleh penggunanya sendiri, bukan oleh pengiklan. Dengan begitu, pengguna tetap menjadi fokus utama.

Langkah Bagus?

Sejauh ini, belum ada informasi lebih detil soal kapan fitur Premium bergulir. Selain itu, juga belum ada informasi paket berlangganan dan berapa harga langganan Telegram Premium.

Walau begitu, reaksi pengguna terhadap pengumumpan Pavel Durov ini bernada positif. Yah, paling tidak terlihat dari reaksi jempol ke atas yang lebih banyak dari jempol ke bawah.

Keputusan Telegram ini cukup wajar. Beberapa aplikasi memang menerapkan fitur premium (biasanya untuk kepentingan bisnis) sementara menyediakan versi gratis untuk masyarakat umum. Sebagian juga menjual beberapa elemen di dalam aplikasi.

Bagi mereka yang peduli dengan privasi, keberadaan versi premium ini lebih nyaman daripada aplikasi gratis yang berbasis iklan. Yang kadang tidak hanya mengganggu secara visual, tapi juga sering dikritik melampaui batas privasi pengguna.

Nah, bisa kita bayangkan kanal-kanal bisnis di Telegram memanfaatkan fitur Premium ini. Sedangkan pengguna biasa tetap menikmati fitur lain secara gratis.

    %d blogger menyukai ini: