Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Telegram Uji Fitur Premium: Stiker dan Reaksi Eksklusif

Anom Penulis

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling populer. Terutama terkenal sebagai alternatif WhatsApp dengan fitur berlimpah. Nampaknya Telegram akan menambahkan fitur premium di dalam aplikasi, berupa stiker dan reaksi eksklusif.

Hal ini tampak pada aplikasi Telegram Beta versi 8.7.2 di iOS. Versi tersebut memperkenalkan sistem langganan Telegram Premium. Seperti disebut di atas, pengguna yang berlangganan akan mendapat akses ke stiker dan reaksi premium.

Jika pengguna belum berlangganan, beberapa stiker dan reaksi akan menunjukkan ikon premium dengan gembok. Ketika dipilih, aplikasi akan memberi penawaran berlangganan.

Stiker dan reaksi premium ini juga nampaknya tidak akan terlihat pada percakapan dari sisi pengguna gratis. Alih-alih, ada pemberitahuan yang menggantikannya.

Fitur Telegram Premium ini merupakan usaha berikutnya untuk mengkomersilkan aplikasi pesan populer tersebut. Sebelum ini, Telegram juga sudah menguji pesan bersponsor yang bisa hadir di channel publik dengan amggota di atas 1000 orang.

Memang sebelum ini, pendanaan pengembangan aplikasi Telegram datang dari pendiri layanan ini, yaitu Pavel Durov. Namun seiring makin populernya aplikasi ini, nampaknya Telegram berusaha mencari sumber pendapatan lain.

Fitur Telegram Premium ini cukup mirip dengan yang hadir di aplikasi Discord. Di sana juga terdapat tawaran premium, misalnya untuk emoji animasi, personalisasi, dan upload file lebih besar.

Layanan berlangganan sebenarnya sudah pernah disebut oleh Pavel Durov. Tapi sampai sejauh ini belum ada informasi bagaimana sistematika dan harga langganan Telegram Premium.