Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Samsung Pamerkan Pelacak Kebugaran “Patch Skin OLED” Pengganti Smartwatch

Indri Penulis

Samsung umumkan pelacak kebugaran dalam bentuk “patch skin OLED.” Gimana bentuk dan cara kerjanya? Langsung cek sini yuk!

Pelacak kebugaran selama ini kebanyakan tersedia dalam bentuk smartwatch. Sebagai benda yang bentuknya kecil dan mudah dipakai ke mana saja, smartwatch dianggap cukup fleksibel.

Namun sepertinya sebentar lagi kita akan bisa melihat pelacak kebugaran dalam bentuk yang lebih fleksibel. Sebab Samsung baru-baru ini mengumumkan konsep pelacak kebugaran dalam bentuk “patch skin OLED.”

Patch skin ini fungsinya sebagai pelacak kebugaran dan elastis, alias bisa diregangkan. Dilihat dari konsepnya, patch skin ini cukup ditempelkan di pergelangan tangan dan fungsinya sebagai pengganti gelang kebugaran.

Sumber : Fuentitech

Agar dapat merekat di kulit, patch skin OLED bikinan Samsung ini dibekali perekat (dengan beberapa sensor di dalamnya). Dengan perekat tersebut, segala pergerakan di pergelangan tangan tak akan memengaruhi kinerja layar.

Samsung sendiri menggunakan senyawa polimer dengan elastisitas tinggi dan elastomer yang telah dimodifikasi. Bahan ini diklaim mampu menahan peregangan kulit hingga 30%, serta prototipe-nya bakal tetap stabil meski setelah 1.000x peregangan.

Nah menariknya, Samsung agak sombong nih dalam mengklaim konsep health tracker terbarunya. Mereka mengklaim kalau ini adalah konsep pertama di industri, dan bahkan bisa dibilang sebagai kemajuan teknologi saat ini.

Sayangnya, konsep ini belum tentu bakal jadi kenyataan. Masih ada banyak hal yang perlu diteliti sebelum pelacak kebugaran ini benar-benar diproduksi. Misalnya pengujian pada resolusi OLED yang bakal dipakai, kelenturan senyawa, hingga akurasi pengukuran sensor.

Namun begitu penelitian berhasil, mungkin pelacak kebugaran ini bakal sangat berguna di bidang medis. Setidaknya, perangkat ini dapat membantu memantau pasian dengan penyakit tertentu kan.

Baca Juga:  Bocoran Desain Samsung Galaxy A54, Usung Triple-Camera Tanpa Batas di Belakang

Gimana menurutmu?