Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Mengatur Pelat Nomor Ganjil Genap di Google Maps

cara menggunakan google maps gps

Google Maps sudah mendukung peraturan lalu lintas pelat nomor ganjil genap di Jakarta. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapat arahan rute perjalanan yang lebih akurat.

Menurut Kompas, pada tanggal 30 Agustus 2016 peraturan tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap resmi berlaku. Dengan demikian ada pembatasan kendaraan berdasar nomor pelat di beberapa jalan di Ibukota pada tanggal dan jam tertentu.

Penentuan pelat nomor ganjil genap dilihat dari angka paling belakang pada tanda nomor kendaraan. Misalnya nomor pelat B 4603 S berarti ganjil.

Sistem ini mungkin akan sedikit membingungkan untuk kamu yang baru tinggal di Jakarta atau sedang berkunjung. Kalau bingung, Google Maps bisa membantu.

[irp posts=”46753″ name=”Cara Menggunakan Google Maps dan Fungsi GPS”]

Menentukan Pelat Nomor Ganjil Genap di Google Maps

Kalau kamu belum menentukan nomor pelat ganjil genap, pilihan itu akan muncul saat kamu membuka aplikasi Google Maps. Lebih tepatnya, di halaman berkendara (ikon mobil ).

Geser halaman ke bawah untuk menemukannya. Pilih salah satu, ganjil atau genap, lalu tekan ‘Simpan‘.

pilihan pelat nomor di google maps

Google Maps akan menyesuaikan rute perjalanan. Kamu pun bisa memeriksa rute jalan yang akan kamu lalui supaya tidak melanggar peraturan.

Mudah bukan? Tapi bagaimana kalau kamu berganti kendaraan (dengan nomor berbeda)? Kamu tetap bisa merubah setelan nomor pelat di Google Maps.

[irp posts=”50774″ name=”Menggunakan Mode Motor Google Maps”]

Cara Merubah Pelat Nomor di Google Maps
  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Tekan ikon Menu ☰
  3. Masuk ke ‘Setelan‘.
  4. Masuk ke ‘Setelan Navigasi‘ (pilihan ini letaknya agak ke bawah).
  5. Tekan ‘Hindari jalan dengan aturan pelat nomor ganjil genap‘.
  6. Masukkan pilihan pelat nomor ganjil atau genap.
  7. Tekan ‘Simpan‘.

setelan pelat nomor ganjil genap google maps

Setelah mengatur pelat nomor di Google Maps, kamu bisa berkendara dengan lebih baik. Selama periode pemberlakuan pembatasan pelat nomor, kamu hanya akan melihat rute yang bisa dilewati pelat nomor kendaraanmu.

Google memang sedang meningkatkan fitur aplikasi peta miliknya sehingga benar-benar relevan dengan pengguna di berbagai negara. Selain pilihan pelat nomor ganjil genap ini, kamu juga bisa menggunakan mode motor untuk rute lebih ringkas. Sangat membantu bukan?

More Stories
Menguak Kekayaan Mark Zuckerberg yang Terpangkas Hingga Rp 226 Triliun