Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Sony ZV-1F: Kamera Spesial Buat Vlogger & Konten Kreator

Sumber: Sony
Indri Penulis

Sony resmi luncurkan kamera Sony ZV-1F. Sebuah compact camera yang dirancang khusus untuk kalangan vlogger dan konten kreator.

Pekerjaan sebagai vlogger dan konten kreator saat ini makin laris di pasaran. Bahkan jenisnya pun makin beragam. Nggak heran sih, soalnya pekerjaan yang satu ini memang sangat menjanjikan. Selain bisa terkenal, cuan yang didapatkan pun bisa jadi sangat banyak.

Karena jumlah vlogger dan konten kreator makin banyak, nggak heran kalau perusahaan-perusahaan teknologi berusaha menghadirkan produk khusus buat mereka.

Salah satunya adalah Sony yang baru-baru ini resmi meluncurkan kamera Sony ZV-1F. Salah satu kamera terbaru Sony di tahun 2022 ini dibuat khusus untuk para vlogger dan konten kreator. Lalu seperti apa spesifikasi dan fitur serunya? Yuk kita lihat.

Spesifikasi dan Fitur Seru Kamera Sony ZV-1F

Sebagai kamera compact, ZV-1F hadir dengan desain yang lebih kecil dibanding jenis kamera lainnya. Maklum saja, desainnya yang mini dimaksudkan untuk memudahkan vlogger dan konten kreator mengambil gambar.

Kamera ZV-1F menggunakan sensor CMOS Exmor RS 20.1MP tipe 1.0 (13,2 mm x 8,8 mm). Kamera ini juga menggunakan lensa prime tetap 20mm (setara dengan 35mm) f2,0. Lensa tersebut diklaim mampu memberikan bidang pandang yang luas dan panjang.

Sumber: Sony

Perpaduan fitur di atas akan membuat aktivitas vlogging bisa lebih nyaman. Pasalnya pengguna tidak perlu meregangkan lengan untuk mengakomodasi diri sendiri dan orang lain yang ada dalam bingkai.

Selain itu, kamera juga bisa memberikan panjang fokus yang lebih menarik (contohnya hal-hal seperti fotografi jalanan).

Untuk resolusi perekaman video, kamera ini mampu merekam video 4K hingga 30fps. Sony sendiri telah membekali kamera ini dengan berbagai profil gambar seperti S-Log2, S-Log3 dan HLG.

Baca Juga:  Sony WH-1000XM5: Headphone Wireless Cerdas dengan Desain Minimalis

Tapi perlu dicatat, kamera ini hanya bisa merekam dalam 8-bit 4:2:0. Jadi hasil rekaman video mungkin bukan yang terbaik, dan gradasi warnanya mungkin tidak terlalu berat.

Walau begitu, ZV-1F cocok untuk merekam dan mengunggah konten secara langsung ke media sosial/platform tertentu lho. Pasalnya kamera ini mendukung koneksi smartphone secara nirkabel.

Menariknya lagi, ZV-1F juga bisa merekam video secara vertikal. Seperti yang kita tahu, format video vertikal saat ini tengah digemari banyak orang.

Dengan dukungan perekaman video vertikal, hasil rekaman tentu sangat ideal untuk TikTok, Instagram, YouTube Shorts, atau platform berbasis video vertikal lainnya.

Sumber: Sony

Selanjutnya, ZV-1F menggunakan mikrofon 3-kapsul terarah yang built-in dan sudah dilengkapi kaca depan. Kalau masih kurang, pengguna bisa menghubungkan kamera ini ke mikrofon eksternal menggunakan jack mic 3.5mm (tapi tidak ada hotshoe). Kamera ini juga sudah dibekali port USB-C sebagai fitur yang lebih kekinian.

Fitur lain yang disajikan ZV-1F adalah stabilisasi gambar digital SteadyShot. Ini adalah satu-satunya fitur stabilisasi yang dimiliki oleh ZV-1F.

Selain itu ZV-1F juga dibekali fitur Eye AF, pelacak objek, mode Product Showcase untuk mengalihkan fokus secara cepat dan otomatis antara wajah serta objek di tangan. Masih ada lagi. ZV-1F juga sudah dibekali fitur Soft Skin Effect, dan layar sentuh berukuran 7,5cm.

Di sisi lain, ZV-1F sebenarnya adalah versi murah dari ZV-1. Fyi, ZV-1 adalah kamera besutan Sony yang juga dirancang khusus untuk vlogger dan konten kreator.

Hanya saja, ZV-1 hadir dengan harga yang lebih mahal dibanding saudaranya. Tapi harganya yang relatif lebih mahal sibanding dengan fitur-fiturnya.

ZV-1 hadir dengan fitur yang lebih lengkap dibanding ZV-1F seperti sensor CMOS Exmor RS tipe 1.0, mesin pemroses gambar BIONZ X 20,1MP, perekaman film 4K mikrofon terarah 3-kapsul, layar LCD vari-angle, pegangan, serta lampu rekaman.

Baca Juga:  Sony Bikin Program Loyalitas “PlayStation Stars” Buat Manjain Pelanggan

Yah walaupun ZV-1F ada di bawah ZF-1, tapi setidaknya kalau dari segi harga, kamera ini lebih terjangkau. Jadi cocok banget buat vlogger dan konten kreator dengan budget minim lah.

Dari segi harga, ZV-1F dibanderol $500 atau sekitar Rp 7,7 juta. Kamera ini akan tersedia mulai bulan Oktober 2022. Sony ZV-1F dipastikan akan meluncur di Indonesia. Hanya saja, tanggal peluncurannya belum diumumkan. Gimana, apa kamu membelinya?