Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Tweetbot 6 untuk Twitter Hadirkan Fitur Baru dan Langganan di iPhone

Anom Penulis

Tapbots merilis Tweetbot 6 untuk iPhone dengan beberapa fitur baru dan juga mengubahnya menjadi aplikasi berlangganan. Hal ini mungkin sedikit kontroversial bagi para penggemar aplikasi ini.

Pembaruan pada aplikasi Tweetbot merupakan penyesuaian pada API baru Twitter (Twitter agak membatasi fitur aplikasi pihak ketiga). Beberapa fitur yang hadir pada pembaruan ini adalah kartu Twitter (yang menampilkan foto, video, tautan, dll menyertai sebuah tweet) dan jajak pendapat (polling).

popculture.id

Namun, seperti yang disebut The Verge, ada juga beberapa fitur yang hilang. Seperti misalnya penghapusan alamat URL pendek pilihan pengguna.

Tapi perubahan terbesar yang mungkin mengganggu pengguna lama adalah beralihnya aplikasi Tweetbot 6 ini ke sistem berlangganan. Dulu, sampai Tweetbot 5, kamu bisa mendapat aplikasi ini dengan satu kali pembelian. Kini aplikasi tersedia secara gratis dengan fungsi terbatas (melihat tweet).

Untuk menggunakan fitur yang lebih banyak (misalnya membuat atau membalas tweet) kamu harus berlangganan Tweetbot dengan harga Rp16.000 per bulan atau Rp95.000 per tahun.

Yang lebih mengecewakan, Tapbots juga akan berhenti menjual aplikasi Tweetbot 5 di App Store. Hal ini juga merupakan penyesuaian pada kebijakan App Store. Jadi calon pengguna tidak bisa memilih membeli aplikasi lama yang memakai satu kali pembelian.

Saat artikel ini ditulis, walau sudah dirilis aplikasi Tweetbot 6 di iPhone saat ini masih dalam tahap awal (Tweetbot 5 masih tersedia). Tapbots menjanjikan akan fitur yang lebih banyak di masa mendatang, seiring perkembangan API baru Twitter.

Sejauh ini perubahan baru terjadi di Tweetbot untuk iPhone dan belum ada informasi perubahan untuk versi Mac. Bagaimana menurutmu soal perkembangan ini?

    %d blogger menyukai ini: