Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Resmi! Seperti Ini Penampakan Konsol Genggam Razer Edge 5G

konsol genggam razer edge 5g
Indri Penulis

Razer umumkan konsol genggam “Razer Edge 5G.” Konsol genggam Android ini akan hadir dengan chipset Snapdragon G3X Gen 1.

Pada tahun 2021, Razer sempat mengumumkan kerja sama mereka dengan Qualcomm. Dalam kerja sama tersebut, Razer mengatakan kalau mereka tengah mengembangkan konsol gaming genggam.

Akhir September ini dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2022 di Las Vegas, Razer resmi mengumumkan konsol genggamnya bersama Qualcomm. Konsol game tersebut mereka namakan dengan “Razer Edge 5G.”

Konsol ini akan diluncurkan pada tanggal 15 Oktober 2022 di RazerCon. Tapi karena konsol ini juga bagian dari kerja sama Razer, Qualcomm dan Verizon, jadi belum bisa dipastikan apakah konsol genggam ini akan diluncurkan secara global atau tidak.

Walau belum ada kepastian soal ketersediaan global, tapi nggak ada salahnya kita bahas konsol genggam ini. Yah,i seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini beberapa perusahaan teknologi sedang gencar merilis ataupun mengembangkan konsol genggam. Nah sekarang kita lihat, apa yang spesial dari konsol genggam Razer berikut ini.

Kita bahas soal desainnya lebih dulu ya. Berdasarkan video singkat di atas, konsol genggam Razer akan menampilkan thumbsticks ganda, D-pad, dan beberapa tombol di sebelah layar. Sementara di bagian belakang akan ada beberapa adaptive shoulders triggers.

Sekarang kita lanjut ke spesifikasi berikutnya. Jadi sesuai namanya, Razer Edge 5G bakal menawarkan konektivitas 5G. Fyi, ini adalah fitur pertama yang baru ada di konsol genggam lho.

Konsol genggam Razer akan ditenagai oleh chipset Snapdragon G3X Gen 1 yang diumumkan Qualcomm tahun lalu. Konsol ini juga akan dibekali dev kit yang dibuat khusus oleh Razer.

Karena Razer Edge 5G akan debut sebagai konsol Android, jadi konsol ini kemungkinan besar bakal bisa menjalankan semua game seluler di Google Play Store. Konsol ini digadang-gadang juga mendukung streaming game dari layanan cloud gaming.

Walau belum dikonfirmasi oleh Razer, tapi karena konsol ini pakai Snapdragon G3X Gen 1, konsol ini bisa menampilkan layar OLED 6,55 inci. Layar tersebut mendukung resolusi FHD+ dengan refresh rate 120Hz dan GPU Adreno eksklusif, sistem pendingin aktif, dan baterai 6.000mAh.

Baca Juga:  Valve Peringatkan Pengguna untuk Jangan Modifikasi SSD Steam Deck

Razer Edge 5G juga diharapkan mampu menawarkan webcam 1080p untuk live streaming. Konsol ini digadang-gadang juga akan menampilkan TV atau monitor 4K, headset AR dan VR lewat USB-C, serta dukungan DisplayPort.

Di sisi lain, kehadiran Razer Edge 5G nantinya jelas bakal bikin persaingan di kelas konsol genggam makin panas. Razer dipastikan harus menghadapi Steam Deck dari Valve, Logitech G Gaming Handheld dari Logitech (belum resmi meluncur), sampai Lenovo Legion Play dari Lenovo (belum resmi diumumkan).