Sahih! Inilah Tipe Gamer Menurut Penelitian Ilmiah

woman playing computer game
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com
Anom Penulis

Ada banyak orang membahas tipe gamer. Tapi tahukah kamu kalau ada juga tipe gamer yang dibuat berdasar penelitian ilmiah psikologi? Ha, menarik kan?

Penelitian semacam ini memang sering terjadi. Biasanya, riset seperti ini bisa memberikan dasar pada para pengembang game untuk membuat dan memasarkan permainan mereka pada audiens yang tepat.

Di sisi lain, mengenal tipe gamer bagi diri sendiri juga berguna. Yaitu untuk menentukan apakah game tertentu layak kita beli atau tidak. Bahkan, bisa juga menentukan perangkat apa yang kita pakai untuk main game.

Sebagai gambaran, saya tidak suka game battle royale. Kalaupun main game kompetitif, ya paling game arena / hero shooter (misalnya 5v5). Saya lebih suka game action single-player atau co-op dengan bumbu petualangan. Lebih baik lagi kalau tampilannya third person. Seperti seri “Horizon Zero Dawn,” seri “God of War,” seri “Mass Effect”, dll. Nah, dari hal ini, mungkin sudah kelihatan kalau saya lebih cocok beli PlayStation daripada laptop gaming.

Lalu, apa saja tipe gamer menurut penelitian ini?

Tipe Gamer ala Richard Bartle

Pada tahun 1996, Richard Bartle menerbitkan jurnal penelitian yang berjudul “Hearts, Clubs, Diamonds, Spades: Players Who Suit MUDs.” Penelitian berdasar pemain MUD dan MMORPG ini menggunakan grafik dengan 4 sumbu ukuran: Acting, Interacting, Player, dan World. Namun kemudian penelitian ini juga berlaku untuk permainan single-player.

Berdasar jurnal Bartle, muncul 4 tipe pemain, yaitu:

  • Archiver (Diamond)
    • Gamer yang fokus pada pencapaian, entah itu level atau status tertentu, mendapat armor atau skill level tertentu, mendapat semua achievement, dll.
    • Senang kalau kelihatan punya skill atau armor atau skin yang berbeda (apalagi kalau yang lain belum dapat)
  • Explorer (Spade)
    • Gamer yang hobi menelusuri area, menemukan tempat rahasia, mencari jalan keluar, dll.
    • Cepat bosan kalau area sudah dikuasai dan tidak ada event atau lokasi baru.
  • Socializer (Heart)
    • Gamer yang suka main bersama pemain lain (kadang tidak peduli dengan skill) dan juga suka berinteraksi dengan NPC.
    • Suka mencari teman baru, mendaftar guild (clan), dan tentu saja mabar.
  • Killer (Club)
    • Gamer yang kompetitif dan fokus mengalahkan pemain lain.
    • Suka meraih posisi di leaderboard, hobi speedrun, dll

Keempat tipe ini tidak ada yang baku. Oleh karena itu, seseorang bisa memiliki keempat unsur di di atas dengan kadar yang berbeda. Kalau kamu mau mencoba melihat karaktermu sebagai gamer, kamu bisa mencoba tes Bartle ini di sini.

Pengembangan Teori Bartle

Pada tahun 2003, melalui jurnal berjudul “A Self of Sense“, Richard Bartle mengembangkan grafik penelitian di atas dengan menambahkan satu sumbu lagi (dengan dua kriteria), yaitu: Explicit dan Implicit.

Dari grafik ukuran baru ini, muncul 8 tipe pemain game. Yaitu:

  • Achiever
    • Planner (Explicit): Menetapkan tujuan dan berusaha meraihnya.
    • Opportunist (Implicit): Mencari obyek pencapaian, tapi sambil lalu.
  • Explorer
    • Scientist (explicit): Menelusuri berbagai area dengan teratur (ke sini dulu baru ke situ).
    • Hacker (implicit): Menelusuri area dengan intuisi (biasanya di tempat kayak gini ada itu).
  • Socializer
    • Networker (explicit): Suka melihat kemampuan pemain lain dan bekerja sama.
    • Friend (implicit): Sekedar suka main bareng.
  • Killer
    • Politician (Explicit): Berambisi jadi yang terbaik.
    • Griefer (implicit): Ingin jadi yang terbaik, tapi dengan reputasi belum tentu baik.

Tipe Pemain ala Jon Radoff

Melalui buku “Game On: Energize Your Business with Social Media Games”, Jon Radoff mengadaptasi kuadran dari Bartle dan menawarkan versinya sendiri. Yaitu dengan sumbu ukuran: Kualitatif, kuantitatif, sedikit pemain, dan banyak pemain.

tipe gamer jon radoff

Dari keempat sumbu itu, muncul 4 kecenderungan tipe gamer, yaitu:

  • Immersion — Gamer yang mengutamakan pengalaman imersif, seperti cerita, mekanisme sebab akibat di dalam game, pola, menikmati keindahan lokasi, dll.
  • Achievement — Gamer yang senang meraih prestasi tertentu, terutama yang berhubungan dengan skill dan kontrol dalam bermain.
  • Cooperation — Gamer yang peduli pada hubungan dengan pemain lain, termasuk bagaimana bekerja sama, aktif di grup (clan), dll.
  • Competition — Gamer yang kompetitif, entah itu untuk status, level, skill, sumber daya, dll.

Kamu Termasuk Yang Mana?

Nah, kelihatannya sudah cukup jelas ya perilaku dari berbagai jenis gamer di atas apapun teorinya. Kalau kamu sudah mengenali kamu termasuk yang mana, mungkin kamu bisa paham kenapa kamu suka game yang satu, sementara tidak suka dengan game yang lain.

Mungkin dengan mengenali tipe gamer ini, kamu juga bisa lebih sadar diri di komunitas game. Tentu, seperti sudah saya sebut di atas, bahkan mungkin kamu juga bisa lebih percaya diri dalam memilih perangkat game dan platform yang sesuai.

Jadi, kamu termasuk jenis yang mana?

    %d blogger menyukai ini: