PCIe 7.0 Siap Lipatgandakan Bandwidth PCIe 5.0, Tapi Kapan Rilis?

Indri Penulis

Pengembangan PCIe 7.0 sudah mulai dilakukan. Konon generai baru slot ekspansi ini siap melipatgandakan bandwidth PCIe 5.0 lho. Tapi kapan rilis?

Sebagian konsumen mungkin saat ini baru mulai merasakan manfaat PCIe 5.0 di pasar PC konsumen (mayoritas masih pakai PCIe 4.0 atau generasi sebelumnya). Tapi PCI Special Interesting Group atau PCI-SIG telah mengumumkan (via Business Wire) bahwa mereka saat ini sudah memulai proses pengembangan PCIe 7.0, menyusul pengumuman spesifikasi versi 6.0 awal tahun ini.

Lalu apa yang bakal ditawarkan oleh versi terbaru itu? Yang jelas, versi 7.0 bakal menggandakan bandwidth yang sebelumnya ditawarkan oleh versi sebelumnya.

Itu artinya, kita mungkin bisa mengharapkan PCIe 7.0 menyuguhkan hingga 128GT/dtk (gigatransfer per detik), dan bandwidth dua arah 512GB/dtk dengan konfigurasi x16.

PCIe 7.0 kemungkinan juga akan didasarkan pada 4-level Pulse Amplitude Modulation (PAM4), dan bakal fokus pada peningkatan efisiensi daya serta mempertahankan latensi rendah serta keandalan tinggi.

pcie 7.0 kapan rilis

Dengan spesifikasi PCIe 7.0 yang akan datang, PCI-SIG melanjutkan komitmen 3 tahun kami untuk menghadirkan spesifikasi terdepan di industri yang mendorong batas inovasi,” kata Al Yanes, Presiden dan Ketua PCI-SIG.

Seiring dengan teknologi PCIe yang terus berkembang untuk memenuhi permintaan bandwidth yang tinggi, fokus kelompok kerja kami adalah pada parameter saluran dan jangkauan, serta peningkatan efisiensi daya,” lanjutnya.

Di sisi lain, versi baru dari PCIe biasanya muncul setiap tiga tahun sekali, dan tujuannya selalu sama. Yakni untuk menggandakan bandwidth PCIe generasi sebelumnya.

Terus kapan PCIe 7.0 rilis dan bisa dinikmati konsumen? Hm.. Kalau boleh jujur, sebenarnya konsumen ‘belum bisa’ merasakan efek dari teknologi anyar ini dalam waktu dekat.

Pasalnya kita baru saja mulai melihat SSD dengan PCIe 5.0, dan itupun sampai sekarang belum banyak PC yang mendukungnya. Padahal teknologi PCIe 5.0 sudah diumumkan sejak tahun 2019. Belum lagi teknologi PCIe 6.0 yang baru diluncurkan tahun ini, dan sampai sekarang belum ada PC yang mendukungnya.

    %d blogger menyukai ini: