Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Pengumuman Penting Apple di WWDC 2019

Apple WWDC 2019
gambar: Apple

Pada tanggal 3 Juni 2019, Apple memulai konverensi WWDC 2019. Pada pembukaan WWDC 2019 ini, Apple membuat pengumuman penting yang meliputi iOS 13, iPadOS, macOS Catalina, berakhirnya iTunes, Mac Pro baru dan Pro Display XDR.

Seperti namanya, WWDC merupakan sebuah acara untuk pengembang perangkat lunak di produk Apple. Sesuai tradisi, Apple mengumumkan beberapa generasi terbaru dari OS di ekosistemnya, termasuk fitur-fitur baru yang ada.

Namun, tidak jarang juga Apple mengumumkan beberapa perangkat keras. Seperti yang kali ini terlihat.

Nah, mari kita lihat apa saja pengumuman penting Apple di WWDC 2019.

tvOS 13

foto: Apple

tvOS adalah sistem operasi untuk Apple TV sebagai pusat hiburan, seperti untuk menikmati acara TV, film, musik, foto, game dan juga berbagai aplikasi.

tvOS 13 memiliki tampilan Home Screen baru, dukungan untuk banyak pengguna (multi-user untuk konten berbeda), dukungan untuk kontroler Xbox dan PlayStation, dan screen saver baru.

watchOS 6

foto: Apple

Apple memperbarui watchOS, sistem operasi untuk Apple Watch, dengan berbagai fitur dan wajah baru. Beberapa di antaranya adalah fitur kebugaran, seperti: Siklus menstruasi, deteksi kebisingan, tren aktivitas yang lebih komprehensif.

Selain itu, Apple juga membawa App Store ke WatchOS, aplikasi Voice Memo baru, mendengarkan Audiobook langsung di Apple Watch, dan watch faces baru: Modular Compact, Solar Dial, California, Gradient, dan Numeral.

macOS Catalina

foto: Apple

macOS Catalina merupakan generasi terbaru dari sistem operasi desktop Mac. Di versi ini, Apple mengganti iTunes dengan beberapa aplikasi independen, seperti Apple Music, Apple Podcast, dan Apple TV (seperti yang sudah diduga sebelumnya).

Versi ini juga memberikan fitur yang disebut Sidecar. Fitur ini mengijinkan pengguna Mac memakai iPad sebagai layar dan input tambahan (seperti untuk menggambar atau tool editing). Apple juga meningkatkan aksesibilitas di macOS Catalina dengan Voice Control.

iOS 13

foto: Apple

Apple memperbarui sistem operasi untuk iPhone, iOS 13, dengan berbagai fitur baru. Di antaranya adalah Dark Mode, cara menelusuri dan edit foto baru, dan pembaruan aplikasi peta.

Selain itu, Apple juga memberikan cara baru untuk masuk ke aplikasi dengan ‘Sign in with Apple‘. Cara ini mirip dengan masuk ke aplikasi menggunakan akun Facebook atau Google, tapi Apple menekankan privasi (pilihan tidak membagi alamat email dengan pengembang apliksi bersangkutan).

Apple juga memberikan banyak peningkatan di berbagai aplikasi beserta integrasinya dengan perangkat Apple lain. Akhirnya, Apple juga memberikan dukungan Quickpath, yaitu mengetik dengan menggeser jari di keypad (seperti Swiftkey).

iPadOS

foto: Apple

WWDC 2019 menandai lahirnya sistem operasi baru di ekosistem Apple. Sekarang iPad memiliki sistem operasi sendiri yang akan memberi pengalaman berbeda dari iOS. Namanya adalah iPadOS.

iPadOS memiliki tampilan Home Screen baru yang mendukung widget Today View. Apple juga memperbarui Split View sehingga pengguna bisa mengerjakan berkas dari aplikasi yang sama bersamaan. Begitupun melakukan multitasking dengan Slide Over.

Yang menarik, iPadOS memiliki Files App baru yang lebih canggih. iPad memiliki dukungan untuk USB Drive, SDcard, atau masuk ke SMB file server. Lalu, ada juga tampilan preview file yang disebut Column View.

Yang tidak kalah menarik lagi, iPadOS juga memberi dukungan gestur baru untuk melakukan cut, copy, dan paste.

Mac Pro Baru

foto: Apple

Apple mengumumkan Mac Pro baru versi 2019. Mac Pro baru ini menggunakan desain yang mirip dengan versi lama, yang dijuluki “parutan” (grater). Tentu saja, desain ini pun memancing meme di internet.

Di samping masalah itu, Mac Pro baru ini memiliki spesifikasi maut. Yaitu menggunakan prosesor Xeon sampai 28 cores, bisa menampung RAM sampai 1,5TB, dan mendukung berbagai konfigurasi kartu grafis (Radeon Pro 580X, Radeon Pro Vega II, Radeon Pro Vega II Duo) dengan 2 MPX modul. Konfigurasi Radeon Pro Vega II Duo dengan 2 MPX modul bisa menghasilkan kinerja grafis sampai 56 teraflop dengan 128GB memori video.

Apple juga memperkenalkan karti akselerator Afterburner, yang mampu melakukan decoding sampai 6,3 milyar pixel per second. Dengan Afterburner, editor film bisa menggunakan format asli dari kamera dan melakukan decoding sampai 3 stream video 8K ProRes RAW dan 12 stream video 4K ProRes RAW.

Kemudian, Mac Pro 2019 dibungkus dengan rangka stainless steel dengan casing alumunium yang bisa dibuka dengan mudah. Casing juga dilengkapi dengan kisi-kisi berpola (yang membuatnya dijuluki parutan) untuk aliran udara yang lebih lancar.

Mac Pro baru versi 2019 ini memiliki harga mulai dari $5999. (Silakan menghela napas)

Pro Display XDR

foto: Apple

Apple juga memperkenalkan Pro Display XDR yang merupakan layar LCD 32 inci dengan resolusi retina 6K (6016 x 3384) yang mengandung lebih dari 20 juta pixel. Pro Display XDR juga bisa menghasilkan 1000 nits kecerahan dengan puncaknya mencapai 1600 nits, dan memiliki rasio kontras 1.000.000:1.

Layar ini juga dilengkapi dengan penyangga Pro Stand, yang β€”ahemβ€” dijual terpisah, supaya bisa menyesuaikan posisi. Termasuk naik-turun dan portraitlandscape. Kemudian, penyangga ini juga mendukung VESA adapter, yang juga β€”ahemβ€” dijual terpisah.

Harga layar Pro Display XDR mulai dari $4999, harga Pro Stand adalah $999, dan harga VESA mount adapter adalah $199. (Silakan menghela napas panjang-panjang)

More Stories
Ini Dia 7 Game Android Bertema Bajak Laut Terbaik