Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ternyata Ini Dia Penyebab iPhone 14 Alami Penurunan Nilai Drastis

Sumber: Apple
Indri Penulis

iPhone 14 disebut-sebut alami penurunan nilai. Ternyata ini dia beberapa hal yang menyebabkan nilai iPhone 14 bisa anjlok di pasar.

Kabar ini mencuat setelah situs analis SellCell merilis temuan terbarunya. Dalam salah satu unggahannya, situs tersebut membeberkan kalau iPhone 14 telah terdepresiasi nilainya ‘lebih dari dua kali lipat’ iPhone 13 dalam jangka waktu yang sama tahun lalu.

Penurunan Nilai iPhone 14

Analisis yang dikemukakan SellCell bukan bualan semata. Analisis kali ini mereka dapatkan berdasarkan rata-rata nilai tukar tambah lebih dari 40 vendor buyback.

iPhone 14 dan 14 Plus (Sumber: Apple)

Berdasarkan data yang diperoleh, retensi nilai iPhone 14 dan iPhone 14 Plus punya kinerja yang tidak memuaskan. Hal tersebut membuat nilai ponsel terdepresiasi dua kali lipat dari iPhone 13 dan iPhone 13 mini dalam periode 10 hari yang sama setelah peluncuran.

Dalam sepuluh hari sejak peluncurannya, model iPhone 14 standar tercatat sudah kehilangan nilai rata-rata 38,4%. Nilai tersebut anjlok dua kali lipat dari model standar iPhone 13 ‘dalam kurun waktu yang sama’ tahun lalu (tahun lalu depresiasi iPhone 13 cuma 18,2%).

penurunan nilai iphone 14
Perkembangan harga iPhone (Sumber: SellCell)

Sementara itu untuk kategori ponsel dengan performa nilai terburuk adalah iPhone 14 varian 512GB. Ponsel ini nilainya terdepresiasi hingga 40,3% selama 10 hari setelah peluncuran.

Padahal tahun lalu iPhone 13 mini 512GB yang notabene punya performa terburuk, nilainya cuma terdepresiasi 29,8%. Baru kemudian posisi selanjutnya diikuti oleh iPhone 13 512GB yang kehilangan 27,2% nilainya.

Sayangnya data penyusutan nilai untuk model iPhone 14 Plus belum tersedia. Tapi harga aftermarket dari ponsel tersebut terpantau mengalami penyusutan 38,6%.

Harusnya nggak perlu khawatir sih, karena hasil ini bisa berubah secara alami kalau permintaan ponsel tumbuh ke angka yang lebih baik (permintaan terhadap iPhone 14 Plus naik).

Baca Juga:  Rumor: iPhone SE Mendatang Sama Seperti iPhone XR
iPhone 14 Pro dan Pro Max (Sumber: Apple)

Lalu bagaimana dengan varian premium seperti iPhone 14 Pro Max? Ponsel premium ini nasibnya jauh lebih baik dibanding model yang lebih rendah di bawahnya.

iPhone 14 Pro Max cuma terdepresiasi sebanyak 19,6%. Perbandingannya cuma 1,8% dibanding iPhone 13 Pro Max tahun lalu. iPhone 14 Pro Max varian 512GB malah lebih bernasib mujur. Ponsel ini hanya mengalami penurunan 18,2% dibanding iPhone 13 256GB tahun lalu.

Secara keseluruhan, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max masih terdepresiasi ke tingkat yang sama dengan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Apa Penyebab Penurunan Nilai Itu?

Lantas apa penyebab iPhone 14 mengalami depresiasi secara signifikan dibanding model ‘Pro?’ Ternyata tajamnya depresiasi bisa disebabkan oleh krisis biaya hidup, dan juga karena ekonomi dunia tengah terpuruk. Inilah yang menyebabkan retensi nilai.

SellCell juga mengatakan kalau 37,5% dari populasi orang di AS nggak meng-upgrade ponsel mereka ke iPhone 14 Series. Hal ini terjadi karena mayoritas orang enggan menghamburkan uang hanya untuk membeli barang mewah.

Sedangkan di sisi lain, mayoritas penduduk saat ini harus menghadapi lonjakan harga di seluruh sektor (mulai dari bahan pangan, bahan bakar minyak, dll).

Nggak cuma itu, kurangnya inovasi yang dihadirkan Apple juga bikin permintaan iPhone 14 nggak memuaskan. Nah karena permintaan di pasar penjualan saat ini sangat rendah, hal tersebut akhirnya membuat nilai kisaran dasar iPhone 14 anjlok tajam.

ios wallpaper depth effect
Dynamic Island

Terus kok model iPhone 14 Pro dan Pro Max nggak mengalami depresiasi nilai yang signifikan seperti model standar? Hal ini kemungkinan disebabkan oleh hadirnya beberapa fitur baru dan eksklusif ke jajaran model ‘Pro.’

Baca Juga:  iPhone 14 Max Bisa Jadi Kuda Hitam Smartphone Populer

Katakanlah seperti pemakaian chipset yang lebih canggih dari model standar, sampai hadirnya fitur Dynamic Island yang eksklusif buat model Pro.

Hm.. Kalau dipikir-pikir, rasanya masuk akal kalau iPhone 14 sampai mengalami penurunan nilai yang sangat signifikan. Sekarang masa iya ada orang yang rela buang uang demi mendapatkan ponsel yang bahkan desainnya kelihatan sama persis seperti model tahun lalu? Gimana nih menurut Urban People? Share pendapat kalian di kolom komentar ya!