Awas! Pasang Penutup Kamera Tambahan Bisa Rusak Layar Macbook

layar macbook rusak
foto: u/koolbe | Reddit

Ternyata memasang penutup kamera (webcam) tambahan bisa beresiko membuat layar Macbook rusak. Sampai Apple merilis panduan untuk masalah penutup kamera ini.

Di dokumen panduan itu, Apple menyebutkan kalau memasang penutup kamera tambahan bisa merusak layar ketika layar ditutup. Hal ini disebabkan karena jarak antara layar dan keyboard dirancang dengan toleransi sangat ketat.

Berikut peringatan dari Apple tersebut:

“Jika Anda menutup notebook Mac Anda ketika penutup kamera terpasang, Anda dapat merusak layar, karena jarak antara layar dan keyboard dirancang dengan toleransi yang sangat ketat. Menutup kamera internal dapat juga mengganggu sensor cahaya sekitar dan mencegah fitur, seperti kecerahan otomatis dan True Tone untuk berfungsi.”

MacRumors menyebutkan kalau peringatan itu muncul sebagai hasil dari keluhan para pengguna Macbook Pro yang menemukan layar mereka retak setelah memasang penutup kamera. Keluhan itu muncul dari berbagai forum, termasuk di Reddit dan di MacRumors sendiri.

Yang menarik, sebagian keluhan itu muncul dari Macbook Pro 16 inci yang punya bingkai lebih tipis. Misalnya dari anggota forum MacRumors dengan username Dashwin. Layar Macbook Pro 16 miliknya rusak setelah memasang penutup kamera. Namun Macbook Pro tahun 2011 miliknya tidak bermasalah dengan penutup kamera yang sama.

sumber gambar: Forum MacRumors

Dalam panduan yang disebut di atas, Apple menyarankan untuk tidak menggunakan penutup kamera tambahan. Kalau kamu peduli dengan privasi, perhatikan lampu indikator yang menunjukkan warna hijau bila kamera aktif. Lalu atur aplikasi mana saja yang dapat menggunakan kamera melalui Preferensi Sistem.

Memang, banyak orang yang kuatir dengan masalah privasi dan keamanan, termasuk untuk pemakaian kamera tanpa otorisasi. Oleh sebab itu, tidak sedikit seri laptop (terutama kelas bisnis) yang memberi fitur penutup kamera secara bawaan, seperti ASUS Expertbook B9450.

Namun di sisi lain, pendekatan tiap perusahaan pun berbeda untuk hal ini. Apple kelihatannya lebih memilih memanfaatkan perangkat lunak (sistem operasi) untuk memantau hal tersebut.

Jadi, untuk kamu pengguna Macbook β€” terutama generasi yang lebih baru β€” silakan berhati-hati. Jangan asal pasang aksesori. Kalau memang peduli dengan privasi, aturlah sistem operasi dengan lebih baik.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: