Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Mengapa Anda Membutuhkan Sertifikat SSL Terbaik

Anom Penulis

Saat ini, keamanan situs web merupakan faktor utama. Untuk bisa memenuhi standar keamanan sekarang, sebuah situs membutuhkan apa yang disebut dengan sertifikat SSL. Di sini kami hadirkan beberapa penyedia sertifikat SSL terbaik.

Aktivitas melalui internet sudah menjadi bagian dari kehidupan. Baik untuk berbelanja, belajar, berkomunikasi, bekerja, dll. Tentu saja, aktivitas ini terkait dengan data pribadi, termasuk data yang terkait dengan pembayaran.

Jadi, sangat penting untuk tahu lebih banyak soal sertifikat SSL.

Apa itu Sertifikat SSL?

SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer. Istilah ini mengacu pada protokol enkripsi yang mengamankan transmisi data melalui jaringan internet.

Sistem enkripsi ini menggunakan dua kunci. Yang satu adalah kunci publik, dan yang lainnya adalah kunci rahasia. Kedua kunci ini berguna untuk membuka kunci enkripsi data yang ada. Begitulah cara SSL mengamankan koneksi antara komputer dan server (tempat situs web berada).

Sertifikat SSL diterbitkan oleh perusahaan otoritas yang berwenang. Perusahaan otoritas ini biasanya dikenal sebagai Certificate Authority (CA).

Apa Saja Jenis Sertifikat SSL?

Setidaknya ada tiga jenis sertifikat. Jenis ini tergantung pada identifikasi situs web yang relevan untuk proses sertifikasi.

Validasi Domain

Dalam sertifikat jenis ini, hanya nama Domain yang disebutkan dalam sertifikat. Tidak ada jaminan untuk identitas lebih lanjut di dalamnya. Alamat yang terdapat dalam WHOIS akan diverifikasi melalui email. Jika benar, maka domain website akan mendapatkan sertifikat.

Validasi Bisnis

Jenis sertifikat ini adalah sertifikat SSL tingkat organisasi, yang menyediakan otentikasi melalui Nama domain dan identitas pemilik. Dokumen yang diperlukan untuk proses sertifikat dari CA harus disediakan oleh pemilik dan nantinya akan dicocokkan dengan Domain di WHOIS.

Validasi Diperpanjang

Sertifikat ini mengacu pada otentikasi tertinggi dari identitas bisnis. Jenis validasi ini termasuk domain serta validasi organisasi juga. Jenis sertifikat yang digunakan dalam e-niaga, industri keuangan, situs web pemroses pembayaran.

Bagaimana Mengenali Website Yang Menggunakan SSL?

Ada beberapa indikasi yang bisa kita lihat apakah sebuah website aman dengan sertifikat SSL atau tidak.

  • Di alamat URL, situs web menampilkan HTTPS:// bukan HTTP://. HTTPS adalah varian terenkripsi dari HTTP.
  • Terdapat ikon kunci atau perisai (tergantung browser) yang jika diklik akan menampilkan sertifikat dengan sertifikat SSL.
  • Terkadang, beberapa sertifikat SSL menampilkan nama perusahaan ketika Anda mengklik gembok.

Penyedia Sertifikat SSL Terbaik

Setelah membaca uraian di atas, mungkin timbul pertanyaan. Apa penyedia sertifikat SSL terbaik saat ini?

Beberapa penyedia sertifikat SSL terbaik yang pantas dipertimbangkan meliputi:

SSL2BUY

Ada berbagai penyedia SSL berbiaya rendah. SSL2BUY adalah salah satu penyedia SSL yang dapat diandalkan. Platform ini adalah tempat yang tepat jika anda mencari sertifikat SSL terbaik dengan harga murah seperti Sertifikat SSL positif. Ada banyak pilihan sertifikat dari otoritas SSL terpercaya, baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan. Misalnya dari Comodo, RapidSSL, GeoTrust, Thawte, dll.

Comodo SSL

Comodo adalah salah satu perusahaan otoritas sertifikat SSL terbesar di dunia. Mereka memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dan telah menjual lebih dari 100 juta sertifikat digital.

GeoTrust

GeoTrust juga merupakan salah satu SSL certificate authority yang didukung oleh DigiCert (perusahaan yang fokus pada teknologi keamanan internet).

GlobalSign

GlobalSign adalah salah satu otoritas TLS/SSL terbesar. Bahkan, pada tahun 2015, mereka menjadi otoritas sertifikat terbesar keempat di dunia.

Let’s Encrypt

Let’s Encrypt bisa menjadi pilihan yang tepat jika anda mencari sertifikat SSL gratis. Let’s Encrypt adalah otoritas sertifikat terbuka yang dijalankan oleh Internet Security Research Group nirlaba.

Lebih Aman dan Nyaman dengan Sertifikat SSL

Jadi, jika anda memiliki situs web, anda harus menggunakan sertifikat SSL. Karena akan lebih aman. Silakan periksa apakah situs web anda sudah memilikinya atau belum. Jika tidak, silakan pilih salah satu penyedia sertifikat SSL terbaik di atas.