Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Qualcomm: Perangkat 5G Siap Rilis Tahun 2019

modem snapdragon x50 mendukung perangkat 5g
Anom Penulis

Dunia teknologi komunikasi sedang bersiap untuk lompatan selanjutnya. Koneksi 5G. Salah satu produsen chipset terkemuka, Qualcomm, menyatakan sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi terkemuka untuk merilis perangkat 5G di tahun 2019.

Seperti kita ketahui, banyak perangkat—baik smartphone dan tablet—menggunakan chipset Snapdragon buatan Qualcomm. Untuk mendukung standar koneksi 5G, Qualcomm sudah mempersiapkan seri modem Snapdragon X50 5G NR.

Qualcomm menyebutkan bahwa modem Snapdragon X50 5G dibuat untuk mendukung kecepatan download sampai 5Gbps! Di samping itu, modem ini juga disebut lebih “cerdas” dalam menjangkau sinyal.

Berdasar press release Qualcomm, sudah ada sekitar 18 perusahaan yang bekerja sama. Perusahaan tersebut akan menggunakan keluarga modem seri X50 5G NR itu di perangkat mereka. Yang termasuk di kerja sama itu adalah: ASUS, Fujitsu, Nokia (HMD Global), HTC, OPPO, Sony Mobile, Vivo, Xiaomi, Sharp, dan ZTE.

Seperti bisa dilihat, ada beberapa perusahaan besar lain yang tidak bergabung dalam kerja sama ini. Nama Samsung, Huawei, dan Apple tidak disebutkan. Tentu saja, hal ini karena mereka memproduksi chipset sendiri. Samsung punya Exynos, Huawei punya Kirin, dan Apple pun punya chipset sendiri (misalnya Apple A11 Bionic).

Lebih jauh lagi, Qualcomm juga menyebutkan bahwa modem Snapdragon X50 5G NR itu siap dipakai di berbagai perangkat. Kategori perangkat 5G yang disebut adalah: Smartphone, Always Connected PC, head-mounted display (untuk virtual reality, augmented reality, dan extended reality), dan perangkat teknologi Mobile Broadband.

Ini jelas menarik. Perangkat yang terhubung dengan internet akan semakin banyak. Bahkan laptop yang dulu butuh perangkat tambahan pun sudah bisa langsung terhubung dengan internet. Beberapa di antaranya adalah HP Envy x2 dan ASUS NovaGo.

Standar koneksi 5G jelas akan merubah pola hidup kita. Dengan perkembangan teknologi masa kini—tingkat mobilitas tinggi dan komunikasi antar perangkat (IoT)—saya yakin perangkat 5G akan segera menjadi standar baru. Ketika perangkat itu semakin terjangkau, kemungkinan dan kesempatan baru pun semakin terbuka. Bukan kah begitu?