Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Fakta Peraturan dan Penerapan Validasi Nomor IMEI Smartphone

Anom Penulis

Seperti kita ketahui, Pemerintah akan memberlakukan peraturan untuk validasi nomor IMEI ponsel BM. Kebijakan ini melibatkan tiga kementerian dan sudah disosialisasikan sejak 18 Oktober 2019. Peraturan validasi nomor IMEI ini pun akan tetap berjalan sesuai rencana.

Mari kita lihat hal-hal yang layak diperhatikan.

popculture.id

Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI merupakan nomor unik yang mengidentifikasi 3GPP (standar protokol telekomunikasi) dan iDEN (jenis teknologi komunikasi), baik untuk telepon seluler maupun telepon satelit.

Di mana bisa lihat nomor IMEI di ponsel?

Nomor IMEI biasanya bisa ditemukan di tempat berikut:

  • Secara fisik di bagian dalam ponsel (kompartemen baterai).
  • Dalam halaman Setelan ponsel (Tentang Ponsel).
  • Dengan menekan *#06# di aplikasi telepon

Di mana bisa cek validitas nomor IMEI?

Untuk memeriksa apakah nomor IMEI ponsel yang kamu gunakan tercatat atau tidak, kamu bisa akses situs resmi Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/.

Masukkan nomor IMEI yang kamu dapat dari cara di atas (poin sebelum ini) dan tekan tombol Cari (tombol ).

Implementasi Validasi IMEI

Menkominfo Johnny G Plate menyebutkan kalau peraturan validasi nomor IMEI ponsel BM ini berlaku mulai 18 April 2020 pada pukul 00:00 WIB. Beliau juga menyatakan kalau ponsel yang sudah beredar dan sudah digunakan masih bisa dipakai, namun ponsel BM baru tidak akan dapat digunakan dan pendaftarannya secara otomatis ditolak.

Identifikasi dilakukan dengan verifikasi perangkat melalui EIR (Equipment Identity Register) dan disimpan di CEIR (Central Equipment Identity Register). Operator seluler wajib memiliki perangkat ERI dan CEIR, juga wajib memberitahu nomor IMEI pengguna yang sudah terhubung ke jaringannya untuk didaftarkan sebagai daftar putih.

Peraturan ini diberlakukan untuk memerangi ponsel BM yang merugikan negara karena tidak kena pajak. Selain itu, peraturan ini juga melindungi industri perangkat bergerak beserta pengguna dari bahaya perangkat yang tidak memenuhi standar keamanan.

Ponsel BM Yang Tetap Bisa Dipakai

Setelah penerapan peraturan validasi nomor IMEI, ternyata tetap ada ponsel BM yang bisa dipakai. Ponsel BM yang terkena peraturan validasi ini adalah smartphone yang belum terdaftar atau belum dipakai setelah tanggal penerapan tersebut.

Jadi ponsel BM yang sudah terdaftar atau sudah dipakai sebelum tanggal peraturan nomor IMEI berlaku tetap bisa digunakan (via CNN Indonesia)

Penguna layanan telekomunikasi tidak akan mengalami perubahan dalam pengalaman menikmati layanan dari operator yang sudah digunakan.

    %d blogger menyukai ini: