Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Perbandingan iPhone 14 Pro dan 13 Pro, Fitur dan Spesifikasi Lengkap

gambar Apple iPhone 14 Pro vs 13 pro
Anom Penulis

Ketika kamu melihat spesifikasinya, iPhone 14 dan iPhone 13 tidak memiliki banyak perbedaan. Tapi akan lain halnya jika kita melakukan perbandingan iPhone 14 Pro dan 13 Pro. Ada banyak hal menarik muncul di sana.

Perbedaan kedua iPhone versi Pro ini boleh dibilang cukup signifikan. Baik dari sisi fitur maupun spesifikasi, perbedaan ini bisa memberi alasan tersendiri untuk melakukan upgrade. Jadi, mari kita lihat lebih dekat.

  • Perbandingan ini juga berlaku untuk iPhone 14 Pro Max dan iPhone 13 Pro Max. Karena hanya ada perbedaan ukuran antara versi Pro dan Pro Max

Perbandingan iPhone 14 Pro dan 13 Pro

gambar perbandingan iphone 14 pro dan 13 pro
Gambar: Apple

Secara mendasar, kedua ponsel ini masih memiliki banyak hal yang sama. Namun iPhone 14 Pro mendapat peningkatan dalam spesifikasinya, seperti chipset A16 Bionic. Begitu pun di sisi fitur, seperti kehadiran lubang kamera di layar beserta Dynamic Island.

Perbedaan iPhone 14 Pro dan 13 Pro

  iPhone 14 Pro iPhone 13 Pro
Layar
  • Super Retina XDR display
  • 1600 nits peak brightness (HDR)
  • 2000 nits peak brightness (outdoor)
  • Dynamic Island
  • Always-on Display
  • Super Retina XDR display
  • 1200 nits peak brightness (HDR)
  • Notch
Chipset A16 Bionic A15 Bionic
Kamera Belakang
  • Utama 48MP, ƒ/1.78
  • Ultra-wide 12MP, ƒ/2.2
  • Telefoto 12MP, ƒ/2.8
  • Sensor shift OIS generasi 2
  • True tone flash adaptif
  • Utama 12MP, ƒ/1.5
  • Ultra-wide 12MP, ƒ/1.8
  • Telefoto 12MP, ƒ/2.8
  • Sensor Shift OIS
  • True tone flash
Kamera Depan 12MP, ƒ/1.9, autofocus 12MP, ƒ/2.2
Fitur Foto Photonic engine  
Fitur Rekaman Video
  • Cinematic mode dengan DoF sempit 4K HDR sampai 30fps
  • Action mode
Konektivitas Bluetooth 5.3 Bluetooth 5.0
Baterai Sampai 23 jam pemutaran video Sampai 22 jam pemutaran video
Dimensi
  • Tinggi: 147,5mm
  • Tebal: 7,85mm
  • Berat: 206g
  • Tinggi: 146,7mm
  • Tebal: 7,65mm
  • Berat: 204g
Warna Silver, Gold, Space Black, dan Deep Purple Silver, Gold, Graphite, Sierra Blue, dan Alpine Green
Baca Juga:  4 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone, Juga Ketika Tidak Muncul

Perubahan Fitur & Spesifikasi Penting

Setelah melihat perbedaan iPhone 14 Pro dan 13 Pro dari sisi spesifikasi, mari kita bahas beberapa fitur yang paling menarik.

Layar

Hal paling mencolok dari layar iPhone 14 Pro jelas desain lubang kamera yang dihias fitur Dynamic Island. Apple “menutup” lubang itu dengan bidang warna hitam lewat sistem operasi.

gambar fitur dynamic island iphone 14 pro
gambar: Apple

Bidang hitam ini akan menampilkan informasi aplikasi dan bisa berubah bentuk sesuai aplikasi bersangkutan. Ini menjadi sesuatu yang unik pada iPhone versi Pro ini.

Sama seperti perubahan desain kamera belakang beberapa waktu lalu, perubahan desain di tahun 2022 ini cukup mencolok. Jika kamu menggunakan iPhone 14 Pro, orang bisa segera mengenalinya hanya dari Dynamic Island ini.

Chipset

Versi iPhone 14 standar tidak mendapat pembaruan chipset (hanya meningkatkan GPU saja). Tapi versi Pro mendapat chipset baru A16 Bionic.

gambar ilustrasi chipset a16 bionic
Gambar: Apple

Chipset A16 Bionic dikembangkan dengan proses 4nm yang lebih efisien dibandingkan chipset A15 Bionic yang memakai proses 5nm. Kemampuan chipset ini memberikan keuntungan salah satunya pada pengolahan gambar komputasional.

Hal ini bisa kita lihat pada perkembangan Photonic Engine, juga peningkatan resolusi pada rekaman video Cinematic Mode dan kehadiran Action Mode.

Kamera

Kamera juga menjadi salah satu perubahan jika kita bicara soal iPhone 14 Pro vs 13 Pro. Terutama adanya kamera utama dengan kualitas 48MP, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang “cuma” 12MP.

gambar kamera belakang Apple iPhone 14 Pro iPhone 14 Pro Max
Gambar: Apple

Dengan kamera baru ini, iPhone 14 Pro dan Pro Max mampu mengambil foto ProRAW 48MP dengan detil yang jauh lebih baik. Begitu juga untuk fitur lain, seperti zoom dan mode potret.

Di sisi lain, tiga kamera belakang iPhone 14 Pro punya bukaan yang lebih kecil dari iPhone 13 Pro. Jadi sebenarnya cahaya yang ditangkap oleh sensor lebih sedikit.

Tapi kelihatannya Apple menerapkan trik tersendiri melalui fotografi komputasional Photonic Engine untuk menghasilkan gambar yang lebih oke.

Pilihan Warna

iPhone 14 Pro memiliki pilihan warna baru, Deep Purple, di samping warna Silver, Gold, dan Space Black (yang menggantikan Graphite). Warna Deep purple ini memang kelihatan elegan dan cukup mencuri perhatian.

Baca Juga:  Apa itu iPhone HDC, Ciri-Ciri Kekurangan dan Kelebihan! Wajib Tahu Sebelum Beli
pilihan warna iphone 14 pro
gambar: Apple

Di sisi lain, pilihan warna iPhone 14 Pro ini lebih sedikit jika kita bandingkan dengan iPhone 13 Pro. iPhone 13 Pro memiliki pilihan unik Sierra Blue dan Alpine Green selain warna standar.

Entah kenapa Apple memutuskan mengurangi pilihan warna iPhone 14 Pro. Tapi, yah… mungkin hal ini tidak terlalu berpengaruh dalam pertimbangan pembelian. Untungnya — kalau kamu mencari yang ungu — iPhone 14 Pro Deep Purple masuk di Indonesia.

Beli Yang Mana?

Perbedaan iPhone 14 Pro dan 13 Pro memang tidak seradikal ketika Apple merilis iPhone X. Kalau kamu perhatikan, masih cukup banyak hal yang sama di antara keduanya.

Jika ada perubahan, itupun sangat bisa kita perdebatkan. Apakah memang memberi pengaruh signifikan pada penggunaan sehari-hari atau tidak. Untuk pengguna umum, boleh saya katakan pengaruhnya tidak cukup signifikan.

Tapi, jika kita bicara masalah keinginan, selera, dan kebutuhan spesifik, diskusinya akan berbeda.

gambar screenshot action mode iphone 14 pro
Screenshot situs Apple (gambar: Apple)

Kalau kamu sering menggunakan iPhone untuk membuat konten foto dan video, ada alasan kuat untuk upgrade ke iPhone 14 Pro. Paling tidak dari sisi pengolahan gambar dan fitur rekaman video iPhone ini lebih canggih.

Begitupun jika kamu lebih memilih desain Dynamic Island dibanding dengan notch. Kalau kamu memang ngebet memakai fitur ini, ya bagaimana lagi? Kadang perbedaan kecil memang bisa merubah semua pertimbangan.

Yang terakhir, tentunya ada pertimbangan harga. Kalau kamu mampu, ya upgrade ke versi Pro tidak masalah. Kalau sebelum ini kamu pakai iPhone lama, ingin upgrade, tapi ingin sedikit lebih ngirit, ya bisa pilih iPhone 13 Pro.

Nah, itulah perbandingan iPhone 14 Pro dan 13 Pro. Semoga perbandingan dan pembahasan di atas bisa memberi sedikit tambahan wawasan dan membantumu dalam melakukan pembelian.

Kalau kamu ingin melakukan perbandingan lebih detil, silakan kunjungi situs resmi Apple.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected]