Apa Perbedaan Handphone Huawei Seri P dan Mate?

handphone huawei p20 dan mate 10

Huawei P dan Huawei Mate sama-sama merupakan handphone flagship. Namun, sebenarnya apa sih perbedaan di antara kedua handphone Huawei itu?

Saat ini, handphone seri P dari Huawei yang sudah beredar adalah Huawei P20, termasuk versi Pro (yang tersedia di Indonesia) dan Lite. Sedangkan seri Mate yang beredar adalah Huawei Mate 10, beserta versi Pro-nya. Huawei dikabarkan akan segera merilis Huawei Mate 20 tidak lama lagi.

Sepasang versi handphone ini tentu mengingatkan kita pada Samsung Galaxy S dan Galaxy Note. Keduanya juga merupakan handphone flagship dari Samsung. Yang saat ini beredar adalah Samsung Galaxy S9/S9+ dan Galaxy Note 9.

Di Samsung, perbedaan antara handphone seri S dan Note cukup jelas. Misalnya seri Note memiliki dukungan stylus, sedangkan seri S tidak. Sedangkan di Huawei, perbedaannya tidak terlalu kentara.

Richard Yu, CEO Huawei, menjelaskan hal ini lebih jauh. Handphone Huawei P lebih ditujukan pada desain dan teknologi kamera. Sedangkan handphone Huawei Mate lebih fokus pada performa dan penggunaan.

huawei P20 Twilight
Huawei P20 Twilight

Huawei biasanya mengumumkan handphone seri P di paruh tahun pertama. Huawei P20 sendiri diumumkan pada bulan Maret 2018. Handphone ini memperkenalkan konfigurasi 3 kamera belakang yang membuatnya dinobatkan sebagai handphone kamera terbaik (versi DxOmark). Selain itu, handphone ini juga memperkenalkan warna gradasi di bodi bagian belakang (yang ditiru banyak pihak, seperti Moto P30).

Sedangkan handphone Huawei Mate biasanya hadir di paruh tahun kedua. Huawei Mate 10 diumumkan pada bulan Oktober 2017. Handphone ini biasanya menggunakan chipset Kirin terbaru (yang biasanya diumumkan di acara IFA). Tahun ini, Huawei Mate 20 disebut akan menggunakan chipset terbaru Kirin 980.

huawei mate 10 pro
Huawei Mate 10 Pro

Jadi secara umum, bisa dikatakan kalau Huawei P hadir untuk mereka yang trendy, sedangkan Huawei Mate lebih untuk mereka yang efisien. Hal ini sebenarnya juga tercermin dari penampilan. Huawei Mate cenderung memiliki desain handphone konvensional dibandingkan dengan seri P.

Harus diakui, perbedaan Huawei P dan Mate ini tidak terlalu signifikan. Yah, untuk Huawei P mungkin cukup jelas. Namun tidak begitu halnya dengan Huawei Mate.

Pada kenyataannya, selain memakai chipset terbaru, Huawei Mate tidak memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada fitur yang benar-benar memberi keunggulan. Apalagi kalau dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note yang memiliki pangsa pasar serupa.

Huawei belum lama ini berhasil mengalahkan Apple sebagai merk dengan pangsa pasar terbesar kedua di dunia. Ambisi berikutnya adalah mengalahkan Samsung. Kalau Huawei benar-benar ingin melakukannya, kelihatannya perbedaan antara handphone Huawei yang satu dengan yang lain harus lebih kontras lagi. Sehingga konsumen bisa lebih mudah menemukan yang sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.

%d blogger menyukai ini: