Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Perlukah Install AntiVirus Tambahan di Laptop?

Perlukah Install AntiVirus Tambahan di Laptop?

Semua jenis Windows sebenarnya sudah tertanam di dalamnya fitur perlindungan malware, yaitu Windows Defender. Tapi demi menutupi perasaan was-was dari virus. umumnya orang akan mengambil jalan praktis, yaitu install software antivirus tambahan.

Tapi apa benar langkah itu efektif? Apakah install antivirus tambahan di laptop itu memang perlu? Dari sini kita akan coba cari tahu, berdasarkan kelebihan yang dimiliki masing-masing dari mereka.

popculture.id

Fakta Tentang AntiVirus

Defender bawaan yang sudah tertanam dalam Windows memang terbukti masih terdapat celah yang menjadikan komputer terserang virus. Karena itu sudah menjadi hal wajar jika orang beranggapan bahwa install aplikasi Antivirus adalah wajib.

Padahal sama saja, AntiVirus model apapun sebenarnya juga masih memiliki potensi virus buat masuk. Jadi apa kita perlu install 10 aplikasi antivirus tambahan aja biar aman? Kalau memang maunya begitu, tinggal siap-siap menghadapi masalah baru, yakni lemot.

Nah, karena itulah penting bagi semua pengguna laptop untuk paham aplikasi yang akan digunakan atau dihapus. Tentu saja salah satunya biar bisa putuskan sendiri mau install antivirus tambahan atau tidak.

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Windows Defender

Semakin berjalannya waktu, windows telah melakukan beberapa kali update dan upgrade. ini membuktikan bahwa Windows Defender benar-benar masih sangat diperhatikan developer-nya. Point inilah yang penting kalian ketahui.

Tujuan dari update tersebut tidak lain adalah agar terus bisa berupaya memblokir malware atau gangguan eksternal yang berpotensi merusak sistem atau file. Intinya Windows Defender mau agar pengguna cukup hanya mempercayakan keamanan laptop padanya saja.

Tentu saja hal positif jika kita hanya menggunakan Windows Defender saja — tanpa tambahan software antivirus — karena akan menjadikan laptop kita tidak lemot. Ditambah ini adalah bawaan Windows sendiri, pastinya telah diatur agar penggunaannya benar-benar kompatibel dan powerfull. 

Namun ada beberapa hal yang harus kamu lakukan jika menggunakan Windows Defender bawaan saja, yakni:

Rajin Update

Agar selalu mendapatkan informasi terbaru dari berbagai jenis virus yang muncul, kamu harus rajin Update Windows Defender.

Waspada Ketika Menerima Data

Apapun data yang akan kamu terima, pastika data itu paling tidak dari sumber yang terpercaya. Hal ini perlu menjadi kebiasaan agar selalu aman ketika share file.

Nyalakan Fitur Backup File

Fitur ini berguna agar file kamu tetap aman, khususnya jika terkena serangan virus. Sehingga kamu masih tetap mengembalikan ulang data kamu ketika terjadi error pada perangkat.

Perangkat dengan Spesifikasi Standar

Jika kamu termasuk pada pengguna perangkat yang pas-pasan, jangan paksa untuk menginstall antivirus tambahan. Karena hal itu akan dapat membuat kinerja perangkatmu tidak maksimal, alias lemot.

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Antivirus Tambahan

Apabila kamu menginginkan keamanan ekstra, install software antivirus tambahan adalah langkah yang tepat. Apalagi kalau mau menggunakan antivirus yang berbayar alias premium. Sudah pasti fiturnya lebih lengkap. 

Kira-kira begini keuntungan yang akan kamu dapatkan dari antivirus tambahan:

Fitur Lebih Banyak

Antivirus tambahan tentu saja memberikan lebih banyak keamanan dan fitur — terutama yang premium. Hal ini akan sangat berguna bagi yang memang membutuhkan. Tergantung sebutuh apa kita dengan fitur tawarannya.

Lebih Detail

Dikarenakan software antivirus fokus dalam menganalisis virus — seperti malware yang cepat berkembang — sehingga software antivirus lebih detail atau lebih teliti dalam menganalisis virus di perangkat. Tapi tentu saja ini akan tergantung setting kamu, apakah mau dibikin settingan galak atau santai.


Jadi lebih baik mana antara menggunakan Windows Defender saja atau install software antivirus tambahan, jawabannya adalah sesuai kebutuhan dan keadaan kamu.

Yang artinya, masing-masing memiliki kelebihan yang ditawarkan dan memiliki dampak konsekuensinya juga. Jadi perlukah kamu install antivirus tambahan? Silakan kamu pertimbangkan.

    %d blogger menyukai ini: