Punya Tampilan Baru, Ini Perubahan Google Play Store Yang Terjadi

tampilan baru play store

Apa kamu sadar kalau Google Play Store punya tampilan baru? Ya, ada perubahan di bursa aplikasi Android ini. Walau tidak banyak, perubahannya cukup menarik.

Google memang sudah merilis tampilan baru ini secara global. Tampilan baru ini menyusul tema gelap yang sudah hadir sebelumnya. Namun perubahan ini juga cukup radikal karena mengubah proses navigasi yang ada selama ini.

Ya, kamu benar. Sekarang Google Play Store punya tampilan yang senada dengan aplikasi Google lain. Misalnya Google Maps, Gmail, dll. Ini memang upaya agar UI/UX aplikasi Google seragam dan dengan begitu memudahkan pengguna.

Lalu apa saja perubahannya?

Perubahan Play Store

Sama seperti di aplikasi Google lain, kini fungsi menu masuk ke dalam ikon pengguna (akunmu) yang ada di kotak pencarian. Yah, ketika kamu membuka Play Store pertama kali setelah ada perubahan ini, kamu akan menerima pemberitahuan.

Perpindahan menu ini juga merubah sistem navigasi. Menu yang tadinya bisa kamu munculkan dengan tekan ikon menu (☰) atau menggeser layar dari samping, kini tidak ada lagi.

Untuk mengakses menu itu kamu harus menekan ikon akunmu di kotak pencari. Misalnya untuk mengakses aplikasi yang kamu punya, notifikasi, pembayaran, dan setelan.

Selain itu, penataan isi halaman Setelan di Play Store kini juga lebih sederhana. Berbagai pilihan kini dikelompokkan dalam beberapa kategori besar, yaitu: Umum, Kontrol Pengguna, Keluarga, dan Tentang.

Pengelompokkan ini memang membuat tampilan Setelan lebih sederhana. Tapi kamu mungkin harus membukanya satu-satu untuk kembali mengenali pilihan di dalamnya.

Semoga kamu tidak bingung ya dengan tampilan baru Play Store ini.

%d blogger menyukai ini: