Sekarang Kamu Bisa Aktifkan Dark Mode di Google Play Store

Aplikasi Google Play Store sekarang memiliki dark mode lho. Mode ini telah tersedia di semua perangkat Android, kecuali versi Android tertua.

Beberapa tahun lalu, light mode (mode cerah) mungkin dipakai hampir semua aplikasi. Tampilan dengan background putih ini bisa kita temukan baik di aplikasi atau website.

Tapi seiring berjalannya waktu, orang-orang semakin sadar dengan kesehatan mata mereka. Orang-orang menganggap kalau light mode tidak ramah buat mata. Oleh karena itu beberapa pengembang menciptakan dark mode.

Dark mode atau mode gelap sekarang ini telah menjadi tren aplikasi atau website. Seperti beberapa waktu lalu, Facebook Lite dan WhatsApp baru saja menghadirkan dark mode.

Sekarang giliran Google Play Store yang ikut membawa dark mode. Lalu seperti apa mode gelap yang ada di Google Play Store?

Sumber Gambar : 9to5Google

Dark Mode Ala Google Play Store

Google pertama kali meluncurkan mode gelap untuk Google Play Store pada Oktober 2019. Tapi mode itu hanya tersedia di Android 10.

Sekarang kalian bisa bahagia. Karena yang bisa menikmati mode gelap bukan hanya pengguna Android 10. Tapi semua pengguna Android, kecuali versi yang paling lama.

Google Play sendiri telah mengungkapkan hal ini lewat Twitter. Dari cuitannya, Google Play mengatakan kalau mode gelap β€˜sekarang tersedia di perangkat Android.’ Yah, walaupun tidak semuanya sih.

Sebenarnya mode ini hanya tersedia untuk perangkat yang menjalankan Android 5.0 atau yang lebih baru. Tapi kalau kalian punya perangkat versi Android yang lebih lama, kami sarankan kalian memperbarui versi Android-nya.

Sumber Gambar : Sam Mobile

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Google Play Store

Untuk mengaktifkan mode gelap di Play Store, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Google Play.
  • Klik menu hamburger (tiga garis horizontal).
  • Klik Settings (ikon Cog).
  • Tap menu β€˜Theme.’
  • Pilih antara β€˜Light’, β€˜Dark’ atau β€˜Set by Battery Saver/System Default.’

Di pengaturan, kalian bebas mengganti tema sesuai selera. Light adalah tema standar. Sedangkan Dark lebih cocok buat kalian yang sayang pada mata. Lalu opsi Set by Battery untuk menghemat baterai ponsel.

%d blogger menyukai ini: