Inilah Petal Search, Mesin Pencari Rival Google Buatan Huawei

Huawei resmi kenalkan mesin pencari bernama Petal Search. Mesin pencari ini akan menggantikan Google Search yang ada di smartphone Huawei.

Sudah berbulan-bulan lamanya Huawei lepas dari Google. Hal ini lantaran perusahaan asal China itu diboikot oleh pemerintah AS. Akibatnya, segala dukungan dari Google pun dicabut dari Huawei.

Selama beberapa waktu, ponsel Huawei tidak bisa mengakses Play Store untuk mengunduh aplikasi. Bahkan untuk mencari berbagai informasi dari Google Search pun tidak bisa.

Akhirnya, Huawei memutar otak untuk membuat mesin pencari baru pengganti Google Search. Sekarang mesin itu sudah jadi dan resmi dikenalkan dengan nama Petal Search. Seperti apa mesin pencari ini?

Huawei Resmikan Mesin Pencari Petal Search

Pada bulan Maret lalu, Huawei sempat menguji coba alternatif mesin pencari Google di ponselnya. Mesin pencari alternatif ini diberi nama Huawei Search.

Tapi saat diuji coba, Huawei Search hanya dirancang sebagai mesin pencari dasar. Pengguna Cuma bisa memasukkan kata kunci untuk mencari info di internet. Berbeda dengan Google Search yang bisa menghubungkan orang ke Google Assistant dan Lens.

Setelah melalui proses uji coba yang lumayan lama, mesin pencari Huawei Search siap dipakai. Tak lagi memakai nama Huawei Search, search engine ini resmi debut dengan nama Petal Search.

Sumber Gambar : PhoneArena

Mesin pencari ini diumumkan secara langsung oleh Zhang Pingan. Dia adalah President of Huawei Consumer Business Cloud Services. Pengumuman ini dilakukan dalam acara Huawei Developer Conference, akhir pekan lalu.

Pingan menjelaskan kalau Petal Search akan fokus ke semua ekosistem Huawei (khususnya smartphone). Mesin ini akan menjangkau lebih dari 170 negara, serta 20 industri vertikal. Oya, mesin ini kabarnya juga akan mendukung 50 bahasa.

Di sisi lain, mesin pencari ini sebenarnya sudah tersedia sejak bulan Juni. Bahkan, mesin pencari ini sudah bisa ditemukan dalam toko aplikasi Android Huawei, AppGallery.

Tapi saat itu, Petal Search belum memiliki banyak fungsi. Aplikasi Petal Search baru bisa dipakai untuk APK aplikasi yang belum tersedia di App Galery. Selain itu, hasil pencariannya juga mayoritas masih dari pihak ketiga (Yandex dan Qwant).

Sekarang berbeda. Petal Search sudah bisa dipakai seperti search engine pada umumnya. Cara kerja Petal Search kini juga sudah hampir mirip dengan Google Search. Seperti menampilkan web, gambar, artikel berita, video, dll.

Fitur yang disajikan Petal Search tidak berhenti sampai di situ saja. Mesin pencari ini juga bisa dipakai untuk memesan tiket online. Yah, mirip seperti di Google atau Bing lah.

%d blogger menyukai ini: