Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Huawei Uji Coba Alternatif Google Search di Smartphone-nya

Indri Penulis

Huawei tengah melakukan uji coba untuk mesin Search di smartphone-nya. Uji coba Huawei ini dilakukan sebagai alternatif mesin pencari Google Search.

Sejak pertengahan 2019, Huawei telah masuk daftar blacklist Departemen Perdagangan AS. Hal ini membuat perangkat baru Huawei tidak bisa memakai lisensi Google Mobile Service.

popculture.id

Huawei pun bergerak cepat untuk mengatasi masalah ini. Huawei bekerja sama dengan perusahaan lain untuk membuat alternatif layanan Google. Contohnya kerja sama dengan TomTom untuk ciptakan alternatif Google Maps.

Nah, baru-baru ini Huawei kabarnya juga sedang menguji coba aplikasi Search di perangkat mereka. Aplikasi tersebut nantinya akan menjadi alternatif Google Search.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Seperti Apa Alternatif Google Search Milik Huawei?

Semenjak di-blacklist pemerintah AS, tidak ada lagi aplikasi Google di perangkat Huawei. Bahkan saat peluncuran Honor View30 dan Huawei P40 yang akan datang juga tanpa aplikasi Google.

Bicara soal aplikasi Google, aplikasi yang paling penting adalah Google Search. Karena tidak mendapat lisensi dari Google, jadi perusahaan harus mencari alternatif aplikasi Google Search.

Nah, baru-baru ini ada kabar kalau Huawei merekrut pengguna di UEA. Pengguna tersebut mereka ajak untuk menguji aplikasi Huawei Search yang baru.

Menurut User Agreement di Huawei Search, layanan ini dioperasikan Aspiegel Limited. Aspiegel Limited adalah anak perusahaan Huawei yang berbasis di Irlandia.

Kalau kalian pikir Huawei Search dan Google Search sama, maka itu tidak benar. Google Search tidak hanya menyediakan akses ke mesin pencari. Tapi layanan ini bisa menghubungkan kita ke Google Assistant dan Google Lens.

Sumber Gambar : XDA-Developers

Sedangkan Huawei Search hanya aplikasi pencarian dasar. Intinya, di aplikasi ini kalian cuma bisa memasukkan kata kunci untuk mencari informasi di internet.

Walau terkesan sederhana, tapi di Huawei Search kalian bisa melihat history pencarian lho. Kalau ingin melihat atau menghapus riwayat pencarian, kalian hanya perlu pergi ke menu ‘Settings.’

Oya, di sini kalian juga bisa mengubah bahasa dan wilayah pencarian. Huawei Search juga memungkinkan kalian beralih ke mode Incognito. Menariknya, aplikasi juga akan mendukung dark mode EMUI 10 lho.

    %d blogger menyukai ini: