Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Apple Gandeng Petinggi Lamborghini Buat Gabung Proyek Apple Car

Indri Penulis

Apple dilaporkan telah menggandeng kepala pengembang sasis Lamborghini untuk bergabung ke dalam proyek Apple Car mereka.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Apple telah mengerjakan kendaraan pertamanya yang untuk sementara ini dinamakan Apple Car, sejak bertahun-tahun lalu. Walaupun mengalami banyak kendala dan penundaan, tapi Apple tetap semangat untuk mendorong kendaraan otonomnya.

popculture.id

Baru-baru ini ada kabar terbaru tentang perkembangan proyek Apple Car (dikutip dari Bloomberg). Menurut kabar yang beredar, anggota tim yang mengerjakan ‘proyek super rahasia’ ini nantinya adalah Luigi Taraborelli, yang telah bekerja dengan Lamborghini selama dua dekade. Jadi intinya, kepala pengembang sasis dan dinamika kendaraan Lamborghini, Taraborelli akan memimpin desain Apple Car masa depan.

Sepak terjang Taraborelli dalam dunia otomotif sendiri tak boleh dianggap remeh. Selama bekerja sama dengan Lamborghini ia telah mengerjakan berbagai proyek seperti Urus, Huracan dan Aventador. Contohnya, Taraborelli pernah mengerjakan mobil Lamborghini Huracan edisi off-road terbatas, Sterrato.

Kalau mengingat kemampuan Taraborelli dalam mengembangkan sasis penanganan, suspensi, kemudi, dan juga sistem pengereman, kemungkinan besar hal ini menunjukkan kalau Apple telah memasuki tahap akhir desain kendaraan. Kalau masih di tahap perencanaan, mungkin Apple belum ‘sampai’ ke tahap perekrutan Taraborelli.

Lebih lanjut, Luigi Taraborelli kabarnya bergabung dengan Desi Ujkashevic, mantan pemimpin pengembangan keselamatan mobil dari Ford, yang dipekerjakan oleh Apple pada Mei 2022. Sebelumnya tim Apple juga telah mengantongi mantan kepala Canoo, mantan pemimpin divisi BMW EV, dan juga mantan kepala tim Autopilot Tesla, Stuart Bowers.

Nggak cuma itu. Diam-diam Apple juga telah merekrut banyak orang berbakat ke dalam tim proyek Apple Car. Beberapa insinyur terbaik dari Tesla, Rivian, Waymo, Volvo dan Marcedes-Benz, dilaporkan telah mengerjakan proyek. Sedangkan eksekutif Tesla, McLaren, Porsche dan Aston Martin nantinya akan menuangkan lebih banyak pengalaman mereka ke dalam divisi ini.

Kalau melihat jajaran orang terbaik dari industri otomotif dikumpulkan jadi satu dalam proyek ‘Apple Car,’ rasanya makin nggak sabar melihat gimana hasil akhirnya nanti. Dari segi desain, performa dan teknologi, kira-kira bakal segila apa ya?

Ngomong-ngomong soal Apple Car sampai sekarang, yang kami ketahui tentang desain Apple Car adalah mobil tersebut memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan dengan saling berhadapan. Apa yang membuat pengembangan Apple Car begitu lama salah satunya adalah karena Apple ingin menciptakan mobil otonom pertama di dunia, yakni mobil yang memiliki kemampuan untuk berkendara tanpa perlu dikendalikan oleh manusia.

Apple sendiri telah mengembangkan mobilnya sejak 2014. Tentunya ada banyak perubahan di sepanjang jalan, kepemimpinan baru, dan bahkan desas-desus kalau proyek Apple Car batal total. Tapi kalau melihat jajaran petinggi perusahaan mobil dan yang terbaru Taraborelli dari Lamborghini bergabung ke proyek Apple Car, sepertinya rencana Apple bukan cuma isapan jempol belaka. Tinggal kita tunggu saja tanggal mainnya.

    %d blogger menyukai ini: