Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Phonly: Aplikasi Feedly Windows Phone

Anom Penulis

Beberapa waktu lalu, Google Reader dihentikan layanannya. Alternatif RSS reader yang banyak disarankan sebagai penggantinya adalah Feedly. Kali ini kami akan mengulas aplikasi yang baru saja dirilis, yaitu Phonly, aplikasi Feedly Windows Phone. Memang, selain aplikasi foto, Windows Phone juga memiliki banyak aplikasi reader yang berkualitas, seperti: Collector, Fuse, atau NextGen Reader. Mari kita lihat apakah Phonly mampu bersaing dengan pendahulunya.

Fitur Phonly
  1. Integrasi dengan Feedly
  2. Menampilkan Featured Article dari feed
  3. Melihat feed sesuai kategori
  4. Melihat daftar Saved for Later (dibaca nanti)
  5. Pin Live Tile di Startscreen (mendukung ukuran besar)
  6. Mendukung Lock Screen (jumlah update dan judul terbaru)
  7. Mendukung Instapaper dan Pocket

Kelihatannya lucu ya menuliskan fitur Feedly di aplikasi pihak ketiga Feedly. Tapi ini suatu keuntungan buat pengguna RSS reader. Kenapa? Karena berita yang muncul di Phonly akan sama dengan yang muncul di web Feedly. Jadi kita tidak perlu menggunakan aplikasi berbeda baik saat kita mobile atau di komputer. Ini berarti kita juga harus punya akun Feedly.

Sebagai aplikasi reader, Phonly sudah mencakup banyak fitur. Sebagai aplikasi pihak ketiga Feedly, Phonly juga sudah memiliki sebagian besar fiturnya. Tentu saja fitur-fitur tersebut di atas memang disesuaikan untuk kebutuhan mobile. Kita bisa melihat daftar semua berita baru, atau melihatnya berdasar kategori. Kalau ada yang menarik, kita bisa menandainya untuk dibaca kemudian (Saved for Later). Fitur menguntungkan lain adalah Phonly juga mendukung Instapaper dan Pocket.

Phonly juga mendukung live tile dan lock screen. Untuk yang selalu ingin update dengan berita, ini membantu untuk bisa segera mengetahui apakah ada yang baru atau tidak. Sayangnya, Phonly belum menampilkan gambar artikel di live tile (saat tile membalik dari tile logo Phonly).

Menurut kami, aplikasi Phonly ini patut diacungi jempol untuk masalah tampilan. Selain enak dilihat, Phonly memberi sedikit atraksi dalam bentuk animasi saat kita menggeser halaman saat membaca berita (swipe kanan/kiri). Gestur untuk fungsinya juga cukup intuitif (tap hold, swipe, dll). Oya, tampilan Featured Article-nya yang berbentuk tile juga menarik.

Aplikasi Phonly ini bisa didapat di Windows Phone region Indonesia secara gratis. Aplikasi ini didukung iklan, tapi kita bisa menghilangkan iklan tersebut dengan upgrade ke akun berbayar. Aplikasi Phonly bekerja dengan Windows Phone 8.