Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Photoplay: Aplikasi Fotografi Keren

Anom Penulis

Masih belum bisa move on dari Instagram? Mencari alternatif aplikasi fotografi Windows Phone dengan komunitas yang oke? Mungkin kamu perlu mencoba Photoplay, aplikasi fotografi keren lain yang ada untuk Windows Phone. Mungkin ada yang bilang: “Hayah, paling aplikasi foto yang cuma gitu-gitu aja”. Tunggu dulu. Ingat kata pepatah: “Coba dulu, baru beli”. Beli? Aplikasi ini gratis!

Fitur Photoplay

  1. Mengambil foto lewat kamera atau galeri
  2. Crop foto baik persegi panjang (vertikal dan horizontal) dan bujur sangkar (square)
  3. Mengatur terang (brightness) dan kontras (contrast)
  4. Mengatur efek blur atau tilt-shift
  5. Mengatur efek vignette
  6. 8 filter foto
  7. Timeline foto dan notifikasi (feed)
  8. Melihat foto pengguna lain (tops): Everything (popular), Friend, City
  9. Melihat foto pengguna lain di peta
  10. Repost foto
  11. Setting: Mengatur privacy, bahasa, koneksi jejaring sosial (Facebook, Twitter, Vkontakte), location access, phonebook access.
  12. Profil dan Liked Page
  13. Mencari teman, melalui: jejaring sosial, phone contact, nickname

Kurang lengkap nggak fiturnya? Banyak kan? Nah, sebelum membahas fiturnya lebih lanjut, kami mau membahas sesuatu yang menonjol dari aplikasi ini. Desain user interface-nya. Memang, Windows Phone sudah memiliki banyak aplikasi di store. Tapi tidak banyak yang memiliki desain tampilan yang benar-benar keren. Photoplay adalah salah satunya. Desain tampilan aplikasi ini sungguh bagus. Layout-nya enak dilihat, warna-warnanya juga keren, dan tipografinya jeli. Photoplay bisa memaksimalkan standar desain Windows Phone tanpa terlihat boring. Cakep.

Mari kita kembali ke fitur. Seperti aplikasi fotografi lain, Photoplay mengambil sumber dari kamera dan galeri. Sama juga dengan aplikasi lain, Photoplay memberikan kita fasilitas edit standar seperti crop atau rotate, dan beberapa fitur edit lain seperti sudah disebut di atas. Ada 8 filter foto yang tersedia. Lumayan keren sih filternya, tapi beberapa akan sangat tergantung pada pencahayaan awal supaya efek yang diharap benar-benar bagus. Oya, kami berharap fitur vignette tidak hanya bisa mengatur besarnya saja, tapi juga opacity-nya.

Baca Juga:  4 Rumus Edit Lightroom Ala Selebgram Paling Viral di Smartphone

Yang paling menarik dari Photoplay adalah cara edit untuk efek blur atau tilt-shift. Kalau Fhotoroom memanfaatkan gestur swipe kanan kiri dan atas bawah untuk mengatur filter, Photoplay menggunakan gestur 2 jari untuk mengatur efek blur ini. Ya, sama seperti kalau kita mau zoom in/out foto. Jadi setelah kita pilih efek blur (ikon bulatan) atau tiltshift (ikon garis), kita bisa menentukan posisi bidang yang fokus (jelas) di layar. Untuk mengatur besar bidang fokus, gunakan gestur pinch close atau pinch open (2 jari bergerak membuka menutup). Untuk tilt-shift, kita bisa memutar posisi bidang dengan gestur rotate, yaitu dengan 2 jari memutar posisi atau satu jari jadi poros dan jari lainnya memutar. Yahud kan?

Photoplay juga memiliki komunitasnya sendiri. Walau belum sepopuler Instagram, komunitas aplikasi ini cukup aktif. Saat posting foto, kita juga bisa menambah beberapa detil seperti tags dan lokasi. Sehingga foto kita bisa muncul di pencarian tags yang bersangkutan atau muncul di peta. Photoplay juga menyediakan koneksi ke jejaring sosial populer. Jadi kita bisa berbagi foto di sana atau bisa mencari teman kita di jejaring sosial yang juga menggunakan Photoplay. Terakhir, karena Photoplay ini juga termasuk dalam aplikasi fotografi berbasis jejaring sosial, maka kita bisa menemui beberapa perilaku khas jejaring sosial di sana. Seperti profil, timeline, followers, dan following.

Walaupun gratis, sayangnya Photoplay ini baru tersedia untuk pengguna Windows Phone 8. Photoplay tersedia di store region Indonesia.