Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Phototag: Satu Lagi Aplikasi Foto dengan Tag Informasi

Anom Penulis

Salah satu hal populer di internet adalah penggabungan antara foto dan tag informasi. Tentunya kamu sudah akrab dengan aplikasi semacam Ciel, InstaWeather Pro, atau PhotoWeather Pro. Aplikasi semacam itu bertambah lagi dengan Phototag karya Jason Ong. Apa Phototag menawarkan hal berbeda?

Fitur Phototag
  1. 4 pilihan tema informasi: Lokasi, Cuaca, Makanan, dan Bayi
  2. Mendukung kamera depan dan belakang
  3. Mendukung tag berdasar informasi EXIF foto, bila tersedia
  4. 20 template tag yang oke (masing-masing 5 buah)
  5. Berbagi ke Facebook, Twitter, Flickr, Tumblr, Renren, Sina Weibo dan VK
  6. Integrasi dengan 6tag untuk upload ke Instagram
  7. Integrasi dengan Photo Hub dan Camera Lenses

Kami sudah pernah menyebutkan kalau Jason Ong adalah seorang developer yang patut diperhatikan. Ia telah menghasilkan beberapa aplikasi keren. Salah satunya adalah AudioCloud. Kini Jason Ong kembali beraksi.

Sebenarnya, Phototag menampilkan fitur-fitur yang rata-rata sudah dimiliki aplikasi lain. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambah beberapa tag dalam bentuk tulisan di foto kamu. Tag itu bisa berupa informasi lokasi, cuaca, makanan, dan bayi. Bayi? Ya. Siapa tahu kamu mau memotret anak atau keponakan yang imut, lalu membaginya dengan keluarga atau teman-teman. Tap ikon di sebelah kanan tulisan Phototag untuk memilih jenis tag tersebut.

Foto yang kita ambil bisa kita rotate atau crop di aplikasi Phototag ini. Lalu kita juga bisa memilih 5 desain tulisan untuk tag dalam tiap kategori informasi. Kita juga bisa melakukan edit pada informasi yang mau kita cantumkan (lihat di application bar). Oya, kita tidak hanya bisa memotret, tapi juga mengambil gambar dari Picture Hub. Asiknya, aplikasi ini bisa mengambil informasi EXIF yang ada di foto untuk ditampilkan jadi tag. Ringkas!

Setelah selesai dengan semua urusan edit, foto itu tentunya tinggal kita sebar. Seperti yang sudah kami sebut di atas, sudah ada beberapa jejaring sosial yang bisa kita hubungkan dengan aplikasi ini. Kalau kamu ingin menyebarkan ke Instagram, aplikasi ini bisa melakukannya melalui aplikasi 6tag. Sayangnya, Phototag belum membolehkan save di galeri ponsel.

Kalau kamu perhatikan, aplikasi buatan Jason Ong memiliki desain yang cukup khas. Tampilannya selalu sederhana dan mudah digunakan. Begitu juga dengan aplikasi Phototag ini. Ikon kamera dan lokasi (pada awalnya memang lokasi, tapi ini tombol untuk memilih kategori) memang tidak berada di tempat biasanya (di bagian bawah atau application bar). Tapi toh masih bisa dijangkau dan cukup terlihat untuk di-tap.

Pilihan ada banyak. Tinggal kalian suka yang mana. Kalau suka Phototag, silakan menuju link download dan pergi ke Windows Phone Store. Tersedia di region Indonesia dan gratis. Aplikasi ini bekerja di Windows Phone 8.